Sapa IAIN Lewat Kuliah Umum, Dirjen Pendis Kemenag Dukung IAIN jadi UIN

Sapa IAIN Lewat Kuliah Umum, Dirjen Pendis Kemenag Dukung IAIN jadi UIN

CE ONLINE - Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) Prof Dr H Mumammad Ali Ramdani STP MT, menyatakan komitmennya untuk mendukung Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup untuk terus berjuang menjadi Universitas Islam Negari (UIN) di Rejang Lebong ini.

Dimana komitmen dan dukungan tersebut disampaikannya dalam kuliah umum semester genap tahun akademik 2020/2021 pada Sabtu (27/3) kemarin.
"Melihat IAIN Curup yang menjadi kampus Islam negeri penyangga untuk 3 bagian wilayah provinsi, dengan penuhi kita mendukung dan berkomitmen bersama membantu agar IAIN Curup menjadi UIN Curup, sehingga benar - benar menjadi kampus penopang peradapan keagamaan diwilayah ini," jelasnya.

Dikatakannya, jika sudah berkomitmen dan mendukung maka pihaknya akan memberikan dukungan tersebut secara nyata nantinya. Baik itu sarana yang dibutuhkan kampus IAIN Curup, ataupun SDM akademik yang perlu peningkatan akan pihaknya support secara materi dan spiritual untuk dipenuhi.
"Sarana maupun akademik akan kita bantu, pasalnya tadi kita lakukan pemantauan jika Ruang Belajar (Rumbel) yang ada tidak cukup memadai dengan kapasitas jumlah mahasiswa IAIN Curup," ungkapnya.

Namun kekurangan itu sendiri sebelum dipenuhi pihaknya, pihaknya tetap ingin hal tersebut tidak menjadi kedala pihak kampus untuk terus berbuat agar kampus menjadi lebih baik, sehingga benar-benar keberadaan kampus islam di Rejang Lebong berdampak pada kehidupan masyarakat yang ada disekitarnya.
"Karena seluruh dari yang dilakukan ini, salah satu poinnya yakni sejauh mana dampak adanya IAIN Curup kehidupan yang berakhlak di Rejang Lebong dan sekitarnya bisa bercipta," jelasnya.

Bukan hanya itu saja pihaknya juga meminta IAIN Curup terus menunjukkan eksitensinya dalam ikut membangun wilayahnya. Terlebih untuk bidang pendidikan dan pembentukan akhlak.

Serta dalam kuliah umum yang diberikan dirinya juga berpesan pada seluruh civitas untuk bisa memberikan pembelajaran pada mahasiswanya untuk bisa cepat beradaptasi dengan pembaruan ilmu yang saat ini cukup cepat berputar, terlebih pada bidang teknologi sehingga mahasiswa IAIN Curup tidak kaku dalam bertahan dalam era digital yang ada saat ini.
"Karena tidak bisa dipungkiri untuk bersaing kita perlu cepat beradaptasi dengan pembaruan ilmu, dan kita ingin dosen disini juga bisa memberikan pemahaman pada mahasiswanya untuk cepat belajar pada hal baru," ujarnya.

Sementara itu Rektor IAIN Curup, Dr Rahmad Hidayat MPd menyampaikan, jika kuliah umum sendiri salah satu hal yang rutin dilakukan pihaknya dengan mendatangkan narasumber yang berkompeten dan ahli dalam bidangnya.

Hal ini untuk berbagi ilmu dan pemahaman pada civitas akademika kampus IAIN Curup. Serta hal ini juga wujud nyata dari visi dan misi IAIN Curup untuk terus bertarap pada jajaran Nasional dan Internasional.
"Termasuk dengan kuliah umum semester genap tahun akademik 2020/2021, yang diisi langsung oleh Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) Prof Dr H Muhammad Ali Ramdani STP MT," ungkapnya.

Dengan harapan mahasiswa dan civitasnya akademika terbuka pemikiran yang lebih luas dalam proses mengajar, sehingga pemikiran mereka juga bisa luas dan besar dalam menimbah ilmu dan memberikan ilmu, hal ini juga menunjukan jika IAIN Curup akan terus memberikan narasumber - narasumber tahap minimal nasional dalam pengembangan pembelajar mahasiswanya.
"Yang jelas ini kita lakukan untuk pengembangan kampus, serta acara ini juga dilakukan dengan mematuhi prokes, sesuai ajuran dan seruan pemerintah," pungkasnya. (CE1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: