RL Masih Ada Produk Kedaluwarsa, Jelang Puasa Ramadhan

RL Masih Ada Produk Kedaluwarsa, Jelang Puasa Ramadhan

CE ONLINE - Tim Gabungan Satnarkoba Polres, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Jumat (5/4) menyita puluhan produk kedaluwarsa di Rejang Lebong.

Penyitaan produk ini saat pelaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) makanan dan minuman menjelang Ramadhan 1443 Hijriah.
"Hari ini (kemarin, red) kita bersama Dinkes dan Loka POM melakukan pengecekan obat-obatan dan makanan. Dimana hari ini juga kita menemukan ada 2 produk susu kaleng yang kedaluwarsa di Gerai Indomaret Talang Rimbo," ujar Kapolres Rejang Lebong, AKBP Puji Prayitno SIK MH melalui Kasat Narkoba, Iptu Susilo SH MH seusai kegiatan.

Menurut Kasat, selain waralaba sidak juga dilaksanakan di beberapa tempat. Seperti Apotek Ilham Pasar Atas Curup, pedagang Pasar Atas Curup, Alfamart Talang Rimbo Baru. Dimana kegiatan tersebut, dilakukan pengecekan tanggal kadaluarsa terhadap obat-obatan, melakukan pengecekan kandungam makanan yang di jual di pasar tradisional, melakukan Pengecekan minuman dan makanan di Indomaret dan Alfamart dan mengambil sampel makanan berupa mie, tahu, kerupuk, bakso dan sebagainya.
"Kita ingin melihat, apakah di dalam makanan tersebut ada kandungan formalin dan sebagainya. Dan hasilnya, itu baru kita terima kurang lebih 2 hari setelah sampelnya diperiksa," sampainya.

Lanjut Kasat, bahwa jika hasilnya sudah keluar. Jika terbukti mengandung formalin dan sebagainya, tentu tidak memungkinkan ada sanksi administrasi bahkan hingga pencabutan izin usaha.
"Tapi kita lihat dulu hasilnya seperti apa, dan berapa banyak yang dibuat," katanya.

Sementara itu, Kabid Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Rejang Lebong, Sofan Wahyudi mengaku sebagai tindaklanjut kegiatan tersebut, akan melakukan inventarisasi yang selanjutnya pihaknya akan melakukan kerjasama dengan BPOM.
"Kita inventarisasi dulu, untuk hasil mudah-mudahan beberapa hari ini bisa kita dapatkan," pungkasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: