Hari Ini Penetapan 1 Ramadhan 1442 H, Hilal Tampak, Besok Puasa

Hari Ini Penetapan 1 Ramadhan 1442 H, Hilal Tampak, Besok Puasa

CE ONLINE - Kantor Kementrian Agama (Kemeng) Rejang Lebong menyebut pemantauan hilal untuk menyambut 1 Ramadhan 1442 Hijriah, akan dilakukan pada Senin (12/4) hari ini. Usai rukhyatul hilal dilakukan, akan diteruskan dengan sidang isbat terlebih dahulu di Kementerian Agama RI. Baru pada sore hari ini akan disampaikan kapan tepatnya 1 Ramadhan.
"Sejauh ini kita belum bisa mengira - gira kapan 1 Ramadhan, namun yang telah besok (red, hari ini) akan dilakukan dahulu Rakyatul Hilal oleh Kemenag Provinsi Bengkulu, tepatnya akan dilakukan diatas mess pemda Provinsi Bengkulu," sampai Kakan Kemenag Rejang Lebong H Nopian Gustari, SPd I MPd I.

Dikatakannya, untuk masyarakat Rejang Lebong sendiri diminta menunggu terlebih dahulu proses dari rukhyatul hilal tersebut. Dimana yang mana biasanya untuk pentepatan sendiri tidak akan jauh bergeser, bisa saja pada Selasa ataupun pada Rabu seperti pada kelender mesehi.
"Kita sama - sama tunggu saja terlebih dahulu sampai ditetapkan oleh Menag RI," ungkapnya.

Serta pihaknya terus mengingatkan pada masyarakat Rejang Lebong untuk bisa menaati aturan mekanisme dan aktivitas saat ramadhan yang telah dikelurkan pihaknya. Dimana kapasitas dari jumlah jamaah 50 % saja, dimana tetap membawa peralatan ibadah sendiri, dan tetap menjalakan 5 M prokes yang anjurkan dan diseruhkan pemerintah.
"Jangan lupa 5 dan ketentuan lainnya untuk bisa diikuti, agar sama - sama kita menghindari kemungkinan terkomfirmasi covid 19 di Rejang Lebong," pungkasnya. (CE1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: