Anggaran 8 Persen DD Sudah Cair

Anggaran 8 Persen DD Sudah Cair

CE ONLINE - Realokasi sebesar 8 persen Dana Desa (DD) dengan diperuntukan penanganan wabah virus corona ditingkat desa, saat ini sudah bisa dicairkan. Meski desa tersebut belum mengajukan permohonan pencarian DD tahap I tahun 2021.

Demikian ditegaskan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kepahiang Ir. H Ris Irianto, M.Si, kepada wartawan CE.

Ditegaskan Ris kerena realokasi anggaran tersebut sudah dilakukan pihaknya tanpa harus menunggu dari Pemerintahan Desa.

Dana tersebut sebut Ris, dapat digunakan digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti sosialisasi dan pengadaan sarana prasarana pencegahan Covid-19 seperti tempat cuci tangan dan lainnya, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi desa itu sendiri.
"Untuk pencairan DD, sudah ada bebera ajuan yang sudah kami sampaika ke BKD untuk Proses SP2D dan SPM, tapi berapa desa yang sudah mencairakan uang tersebut kami belum mendapatkan laporannya," ujar Ris.

Namun sambung Ris, meski ada beberapa ajuan desa terhadap DD tahap I yang masih dalam tahap verifikasi oleh pihaknya, khusus untuk anggaran penanganan Covid-19 sebesar 8 persen dari DD yang diterima masing-masing desa, sudah bisa dicairan lebih awal, dengan pengajuan desa langsung pada BKD.

Masih dikatakan Ris, realokasi 8 persen dari DD tersebut, diluar dari alokasi BLT DD, yang peruntukannya untuk penanganan dan pencegahan penularan wabah corona di maisng masing dasa.
"Penggunaannya, tergantung dengan kebutuhan desa, bia unyuk sosoalisasi, atau pembelian alat pelindung diri seperti masker, bisa juga untuk penyemprotan atau pengadaan tempat cuci tangan dan kegiatan lain," beber Ris.

Dengan adanya alokasi yang dikhususkan untuk kegiatan penanganan wabah Corona, tegas Ris, diharapkan wabah corna bisa segera berakhir karena secara bersama sama dan gotong royong mulai dari pribadi, lingkungan keluarga, desa hinga tingkat kabupaten untuk memeranginya.
"Jadi bagi desa yang sudah memiliki rencana kegiatan penanganan wabah Corona sudah bisa menhajukan penarikan langsung ke BKD, meski Ajuan untuk penarikan DD dan ADD nya belum terverifikasi," tukasnya. (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: