Lomba Desa Wisata Di Lebong Belum Optimal

Lomba Desa Wisata Di Lebong Belum Optimal

CE ONLINE - Dalam mewujudkan program Pemerintahan Daerah (Pemda) dalam meningkatkan potensi wisata, setiap desa  diwajibkan untuk mengikuti perlombaan Desa wisata.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disparpora) Lebong, Ir. Eddy Ramlan menyebut hingga saat ini masih banyak desa yang belum berjalan.
"Bahkan untuk memotivasi desa dalam memaksimalkan potensi wisata di desanya kita menggelar lomba desa wisata, ya hingga saat ini hanya 3 Desa saja yang sudah memenuhi persyaratan nya," ucapnya.

Sebelumnya Eddy juga dalam kegiatan sosialisasi kepada seluruh pengelola wisata itu sudah memberikan persyaratan dan petunjuk beserta paket wisata, akan tetapi hanya beberapa Desa saja yang sudah memenuhi standar kelayakannya, yaitu 3 sampai 4 Desa.
"Desa nya yaitu Seblat ulu, Air Putih, dan juga Pulau Harapan, akan tetapi untuk Desa yang belum memenuhi syarat kita minta untuk ikut berpartisipasi dalam perlombaan itu sehingga mereka mengetahui apa yang menjadi kekurangan dan apa yang menjadi kelebihan," ujarnya.

Sebelumnya pihaknya sudah membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di masing-masing desa wisata tersebut. Para pokdarwis tersebut diberikan pembinaan. Sehingga mereka siap mengelola potensi wisata di desanya.
“Kami akan terus mendampingi semua pokdarwis dalam memaksimalkan potensi wisata di desanya. Setelah lomba desa wisata se Kabupaten Lebong setelah pemenang lomba desa wisata kabupaten ada nantinya akan diikutkan lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu," ungkapnya.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau para Pokdarwis di setiap desa wisata di Lebong agar dapat memaksimalkan potensi yang ada di desanya, sehingga kunjungan wisata di desanya semakin meningkat. Dengan begitu, akan berdampak pada perekonomian masyarakat desa.
“Semoga dengan adanya momen ini, semua potensi wisata tersebut dapat dikelola maksimal dan kunjungan wisata juga semakin ramai,” harapnya. (CE8) 

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: