Tunggakan Capai Rp 7,6 M, PDAM Turun Gunung Lakukan Penagihan

Tunggakan Capai Rp 7,6 M, PDAM Turun Gunung Lakukan Penagihan

CE ONLINE - Sejak berdiri pertama kali pada tahun 1982, jumlah tunggakan pelanggan air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kabupaten Rejang Lebong hingga saat ini mencapai Rp 7,6 Miliar. Hal ini seperti disampaikan Direktur PDAM Tirta Dharma Kabupaten Rejang Lebong, Orin Retnowati ST MT.
"Hingga saat ini, tercatat tunggakan pelanggan air bersih pada PDAM Rejang Lebong mencapai angka sekitar Rp 7,6 Miliar," ujarnya kepada wartawan, Selasa (18/5).

Menurut Orin, bahwa jumlah tunggakan tersebut berasal dari 14.430 sambungan yang tersebar di seluruh Kecamatan Kabupaten Rejang Lebong. Tunggakan tersebut, mulai dari hitungan bulan bahkan ada yang sampai 4 tahun menunggak.

Di sisi lain sebagai salah satu upaya untuk mengurangi jumlah tunggakan tersebut, kata Orin selain menerjunkan petugas ke rumah-rumah pelanggan secara door to door, pihaknya juga selama bulan Mei melakukan pembebasan Denda. Artinya, jika pelanggan membayar tunggakan pada bulan ini tidak akan diberlakukan denda, hanya diminta untuk membayar pokoknya saja.
"Untuk pembayaran bisa dilakukan di loket PDAM, atau loket-loket yang menyediakan jasa pembayaran tagihan pelanggan PDAM. Termasuk petugas loket yang langsung mendatangi ke rumah-rumah pelanggan karena juga dibekali alat pembayaran termasuk print bukti pembayaran," sampainya.

Lanjut Orin, bagi mereka yang tidak berniat untuk membayar pada saat ditagih pihaknya terpaksa melakukan pemutusan sambungan. Dimana pada tahun 2020 lalu, setidaknya ada 146 sambungan yang diputus khusus wilayah Curup yang diketahui menjadi jumlah pelanggan terbanyak dibandingkan dengan jumlah pelanggan di Kecamatan lain.

Namun kata Orin, dari jumlah tersebut tidak semuanya menunggak melainkan ada permintaan pemutusan karena lama tidak digunakan.
"Sedangkan untuk jumlah sambungan yang diputus tahun ini, saat ini masih dalam proses perekapan. Namun kita tetap berupaya agar pelanggan memiliki etikat baik untuk melakukan pembayaran tunggakan," tandasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: