Sasaran Cetak Sawah Baru 300 Hektar

Sasaran Cetak Sawah Baru 300 Hektar

CE ONLINE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, menyebut bahwa kurang lebih 300 hektar lahan di wilayah Sungai Air Pikat menjadi sasaran program cetak sawah baru atau optimasi lahan. Dimana cetak sawah baru tersebut merupakan program dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu.

Asisten II Setda Kabupaten Rejang Lebong, Ir Zulkarnain MT mengatakan berkaitan dengan hal tersebut, beberapa waktu lalu Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu dipimpin langsung Kepala Dinas, Ricky Gunawan didampingi Kabid, Kasi dan Staf telah melaksanakan survei ke lokasi di wilayah Aliran sungai Air Pikat.
"Dimana ada 3 Desa di wilayah Air Pikat, yang ditaksir kurang lebih 300 hektar yang akan menjadi sasaran optimasi lahan. Yakni Desa Air Pikat, Tebat Pulau dan Tebat Tenong Dalam," ujarnya kepada wartawan, Kamis (3/6).

Menurut Zulkarnain, bahwa program cetak sawah baru di Kabupaten Rejang Lebong menindaklanjuti usulan Bupati, Drs Syamsul Effendi MM melihat potensi lahan sawah di wilayah Sungai Air Pikat. Agar dapat dimanfaatkan sebagai salah satu upaya meningkatkan lumbung pangan di Kabupaten Rejang Lebong.
"Dari hasil survei yang dilakukan, sebagian sawah berfungsi dengan baik. Namun sebagian juga dipenuhi semak belukar. Oleh karena itu, hal ini perlu dilakukan optimasi lahan agar dapat dimanfaatkan untuk cetak sawah baru," sampainya.

Selain itu, kata Zulkarnain potensi cetak sawah baru tersebut dapat dikembangkan. Karena ada potensi yang bagus, apalagi ada potensi air untuk mengaliri persawahan di area tersebut. Tinggal lagi pemanfaatan dan pembuatan irigasi serta pembersihan semak belukar.
"Dengan harapan, hal tersebut dapat segera direalisasikan. Sehingga menjadi lumbung pangan di Kabupaten Rejang Lebong," pungkasnya (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: