CATAT, Jadwal Pendaftaran UM-Mandiri IAIN, Dimulai Tanggal 7 Juni 2021

CATAT, Jadwal Pendaftaran UM-Mandiri IAIN, Dimulai Tanggal 7 Juni 2021

CE ONLINE - Pada Senin 7 Juni 2021 mendatang, kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup membuka pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk jalur Ujian Masuk Mandiri (UM - Mandiri).
"Senin sudah bisa mendaftarkan diri, kita buka lebih dari satu bulan dimana ini akan berlangsung sampai Juli mendatang," sampai Sekretaris Pantia PMB IAIN Ibnu Amin SAg MA, kemarin di Rejang Lebong.

Dikatakan jalur mandiri ini menjadi kesempatan terakhir peserta tes pada PMB tahun 2021 ini. Terutama bagi peserta yang tidak lulus dalam UM PTKIN nantinya.
"Ini jalur terakhir kita, silahkan dimanfaatkan jangan disia - siakan, kami mengajak adik - adik untuk bergabung kuliah pada kampus Islam kebanggan kita bersama," ajaknya.

Adapun jalur mandiri sendiri IAIN Curup menyiapkan secara sendiri soal yang menjadi tes saat masuk secara mandiri oleh pihaknya, dimana pengecekan dan juga penilaian pada pihaknya, berbeda dengan UM PTKIN yang memang soal dan pengecekannya dilakukan oleh Kemenag Pusat.
"Untuk yang UM PTKIN ini akan diumumkan pada 17 Juni mendatang, secara online oleh pihak Kemenag RI," terangnya.

Disisi lain pada PMB kali ini, kampus IAIN Curup menyediakan kuota 1.715 orang, jumlah ini sesuai dengan Kapasitas IAIN Curup, dengan melihat dari akreditasi program studi (Prodi) , jika prodi itu terakreditasi A, maka bisa membuka kelas baru sebanyak 5 kelas. Jika prodi terakreditasi B bisa membuka 3 kelas. Jika terkareditasi C, hanya bisa buka 2 kelas. Sehingga melihat akreditasi masing-masing prodi di IAIN Curup, dari itu muncul 1.715 orang,
"Dimana untuk tahap jaru SPAN PTKIN ini, kita membuka kuota 30% dari jumlah total keseluruhan, dan nantinya untuk jalur UM-PTKIN minimal 40%, dan untuk UM-Mandiri Lokal, maksimal 20%, yang mana pada julur ini ada kuota kurang lebih 400 - 500 kuota, pasalnya kita memastikan dahulu mereka yang lulus pada UM PTKIN pada jalur ke dua belumnya," pungkasnya. (CE1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: