Antusias Desa Wisata Masih Minim

Antusias Desa Wisata Masih Minim

CE ONLINE - Demi mendukung Program pemerintah pusat terkait pengembangan potensi Desa terkhusus dalam Kabupaten Lebong hingga saat ini masih minim. Pasalnya, dari 93 desa yang ada di Kabupaten Lebong hanya Desa Seblat Ulu Kecamatan Pinang Belapis saja yang dinilai antusias dalam mengikuti program tersebut.

Bahkan, beberapa waktu lalu Bupati Lebong Kopli Ansori diketahui mengunjungi desa tersebut dalam rangka memantau perkembangan desa tersebut.
"Seyogyanya seluruh desa di Kabupaten Lebong itu mempunyai Potensi wisata yang luar biasa dan bisa dimanfaatkan. Namun sayangnya hingga saat ini jumlah desa yang ingin benar-benar mewujudkan peningkatan wisata bisa dihitung dengan jari," kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Lebong Ir. Eddy Ramlan, M.Si.

Lebih jauh, menurutnya saat ini Sumber daya manusia (pokdarwis. red) di setiap desa yang mempunyai potensi wisata sudah dilatih oleh Asidewi, Sehingga hal ini layaknya dimanfaatkan sebaik mungkin.
"Tinggal kemauan dan komitmen dari desa berserta seluruh masyarakat nya lagi. Bahkan, hal ini juga berkaitan dengan komitmen setiap kepala desa untuk mengalokasikan dana desa untuk pengembangan desa wisata," tuturnya.

Terkait dengan gerakan Desa Seblat Ulu saat ini, dirinya mengapresiasi langkah yang diambil oleh Kepala Desa setempat. Bahkan, hal ini dinilai bisa dijadikan contoh yang baik oleh beberapa kades yang ada di Kabupaten Lebong.
"Kalau untuk pengembangan desa wisata di desa Seblat ulu itu komitmen kades nya yang mengalokasikan 80-90 persen dana desa untuk pengembangan wisata di lokasi tersebut," pungkasnya.

Ditanya untuk diminta imbauan terhadap seluruh kepala desa? dirinya mengaku enggan menyampaikan himbauan erkait hal tersebut. Pasalnya, menurutnya hal ini tidak bisa dipaksakan.
"Tidak bisa kita paksakan dindo, harus dengan kesadaran sendiri, jika kita paksa maka hasilnya pasti tidak maksimal. Bahkan, imbauan sudah sering kita sampaikan, biasanya jika ada desa yang berhasil baru desa lain mengikuti," tandasnya. (**)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: