Anggaran Tidak Terealisasi, Berpotensi Dialihkan

Anggaran Tidak Terealisasi, Berpotensi Dialihkan

CE ONLINE - Anggaran yang masih tersedia di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), namun tidak memungkinkan untuk direaliasikan. Akan berpotensi untuk dialihkan untuk dana segar pada APBD Perubahan 2021 ini. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rejang Lebong, RA Denni SH MM.
"Memang anggaran yang masih stanby di OPD terkendala untuk direaliasikan, akan kita gunakan dalam APBD P. Dan rasanya kenapa tidak akan kita alihkan," sampai Sekda.

Dikatakan Sekda termasuk salah satunya adanya anggaran hiba untuk umrah gratis yang ada di Bagian Kesra. Dimana sejauh ini belum terlihat hilal dapat direaliasikan, pasalnya belum ada regulasi yang menyatakan jika umrah untuk negara Indonesia sudah dapat dilakukan. Dan mata rekening anggaran tersebut kurang lebih ada Rp 2,075 Miliar.
"Sejauh ini belum ada kejelasan berangkat atau tidak, dengan itu kita akan lihat situasi terlebih dahulu, jika memang nampaknya sampai akhir tahun tidak memungkan, pada perubahan mendatang kita alihkan pada bidang yang lebih membutuhkan," terangnya.

Termasuk pada OPD lain yang memang ada anggaran dinilai tidak memungkinkan direaliasikan ditengah pendemi ini dengan berbagai alasan, maka pihaknya akan lakukan pergeseran anggaran, untuk menutupi sejumlah anggaran yang lebih dibutuhkan.
"Bidang lain misalnya terkait dengan pembayaran SDM yang masih kurang mungkin akan kita alihkan pada bidang lain yang dibutuhkan," jelasnya.

Lebih jauh diterangkan Sekda, namun kembali lagi dialihkan atau tidak hal tersebut masih dalam proses melihat situasi saat ini, bisa saja anggaran dialihkan, bisa saja menetap. Hal ini tergantung persoalan terkait anggaran itu sendiri, misalnya yang dicontohkan anggaran umrah gratis ini memang dari pemerintah pusat tidak dapat dilakukan karena tidak ada keberangkatan.
"Sehingga tidak juga salah persepsi seluruh anggaran ingin digeser, namun yang memang secara aturan tidak memungkinkan dilakukan," pungkasnya. (CE1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: