Banggar Kembalikan Draft KUA-PPAS 2022

Banggar Kembalikan Draft KUA-PPAS 2022

CE ONLINE - Dalam proyeksi anggaran pada Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran (KUA-PPAS) APBD Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran (TA) 2022, dinilai tidak sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Maka dari itu KUA-PPAS APBD tahun 2022 dikembalikan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Bengkulu.
"Dalam pembahasan tadi (kemarin, red), TAPD juga sempat beralasan jika penyusunan KUA-PPAS tahun depan mengacu pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).Sayangnya RKPD yang dimaksud sama sekali tidak dilampirkan, sehingga kita minta juga dilengkapi," ungkap Anggota Banggar DPRD Provinsi Bengkulu, Mohd. Gustiadi, S.Sos Senin (6/9) kemarin.

Dikatakan pria yang akrab disapa Edi Tiger ini bahwa, ada proyeksi kegiatan anggaran terkesan tidak masuk diakal. Masa rekontruksi jalan sepanjang 28 Kilometer (KM) hanya, proyeksi kebutuhan anggarannya Rp 550 juta.
"Sehingga KUA-PPAS itu terkesan asal buat saja. Makanya kita minta diperbaiki terlebih dahulu," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan anggota Banggar DPRD Provinsi lainnya, Edwar Samsi, S.Ip MM. Ia menambahkan, KUA-PPAS itu tidak sejalan dengan RPJMD, salah satunya sangat terlihat jelas pada proyeksi pendapatan.

Dimana dalam KUA-PPAS, tahun depan itu pendapatan hanya Rp 2,80 triliun. Sehingga turun sekitar Rp 209,12 miliar dibandingkan pendapatan tahun ini.
"Ketidaksingkronan dengan RPJMD, karena dalam RPJMD proyeksi pendapatan lebih dari Rp 3 triliun. Ketika pendapatan tercapai Rp 3 triliun, barulah RPJMD yang didalamnya tertuang visi dan misi, serta program Pemprov Bengkulu dibawah kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur, Dr. H. Rohidin Mersyah-Dr. E. H. Rosjonsyah bisa terlaksana dengan maksimal," sampainya.

Sementara itu, Sekdaprov Bengkulu, Drs. Hamka Sabri, M.Si memastikan bakal memperbaiki dan menyingkronkan proyeksi KUA-PPAS dengan RPJMD, sebagaimana catatan yang diberikan Banggar dalam pembahasan tadi.
"Untuk tahun depan, sebagaimana intruksi pemerintah pusat, kita kemungkinan besar tetap fokus pada penanganan Covid-19," singkatnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: