Proyek MCK Rp 1,4 Miliar Rampung, Lokasi Desa Air Lanang

Proyek MCK Rp 1,4 Miliar Rampung, Lokasi Desa Air Lanang

CE ONLINE- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong menyampaikan proyek pembangunan bak penampungan air bersih dan mandi, cuci, kakus (MCK) di Desa Air Lanang Kecamatan Curup Selatan, telah rampung.

Dimana total pagu anggaran yang digunakan dalam pembangunan MCK tersebut mencapai Rp 1,4 miliar yang bersumber dari dana hibah BNPB.
"Benar kami baru saja selesai membangun bak atau tempat penampungan air bersih, yang mana tujuannya untuk MCK warga Desa Air Lanang," ungkap Kepala BPBD Kabupaten Rejang Lebong, M. Budianto ST MM saat dikonfirmasi CE, Rabu (15/9) kemarin.

Dibeberkannya dari proyel Rp 1,4 miliar tersebut, fasilitas yang dibangun diantaranya bak penampung air dan pipa sebagai penyalur air. MCK dibangun di tepi ulu sungai, yang mana kadar air di ulu belum tercemar alias bersih.
"Anggaran bisa sebesar itu karena akses jalan menuju lokasi pembangunan juga sulit, pengoperan material terutama pipa itu diangkut secara manual oleh tukang. Awalnya memakai pipa plastik ada kejadian longsor pecah semua, akhirnya digantilah dengan pipa besi," paparnya.

Lebih jauh dikatakan Budi, bahwa lahan di Desa Air Lanang tidak dapat diberdayakan untuk penggalian sumur. Menurutnya, lokasi di desa tersebut banyak bebatuan yang tertanam di tanah.
"Hasil survei kami di lokasi dan informasi dari warga termasuk pemdes setempat, daerah mereka tidak bisa untuk sumur. Setiap kali dilakukan penggalian beberapa meter selalu ditemukan batu, bahkan batunya besar-besar," katanya.

Proses pembangunan telah rampung sekitar sepekan yang lalu. Diketahui juga bahkan sejumlah warga menggunakan penampungan air MCK sebagai air minum.
"Sekarang airnya sudah mengalir, tinggal bagaimana warga memanfaatkannya dengan baik. Kemudian diharapkan bagi masyarakat atau warga setempat dapat merawatnya, karena tugas kami hanya membangun, tidak termasuk merawat apabila terjadi masalah atau rusak," tandasnya. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: