Teken MoU Bersama Pemkab Kepahiang, BRI Permudah Masyarakat Bayar Pajak

Teken MoU Bersama Pemkab Kepahiang, BRI Permudah Masyarakat Bayar Pajak

CE ONLINE - Masyarakat Kabupaten Kepahiang, tidak perlu lagi susah payah untuk membayar pajak dan retribusi lainnya. Pasalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Curup yang menaungi salah satunya Kabupaten Kepahiang akan memberikan segala fasilitasnya untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak dan retribusi lainnya.

Ini setelah pada Selasa (28/9) kemarin Pemerintah Kabupaten Kepahiang melakukan penandatanganan kerjasama dengan pihak BRI Cabang Curup yang langsung dilakukan antara bupati Kepahiang Dr. Ir hidayatullah Sjahid, MM, IPU dan Kepala Cabang (Kancab) BRI Curup David Saksono di Aula Sekdakab Kepahiang.
"Kami menyambut baik kerjasama dengan Pemkab Kepahiang dan mengucapkan terima kasih Kepada Pemkab Kepahiang yang mempercayai prouk BRI dalam penarikan PBB dimasyarakat," ucap David.

Kenapa BRI sambung David, karena BRI merupakan bank terbesar dengan jaringan yang paling luas ada diseluruh Indonesia. Serta menjangkau hingga pelosok desa. Sambung David, di Kepahiang sedikitnya sudah ada 3,000 agen BRI Link yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan trasaksi termasuk juga dalam pembayaran PBB dan retribusilainnya.
"Tentu ini amanah dan keercayaan yang besar diberikan kepada kami (BRI, red) dan kami juga telah memberikan jaminan kepada pemkab kepahiang untuk dapat melaksanakan MoU ini dengan baik," ujar David.

Kemudahan kemudahan yang diberikan BRI kepada masyarakat Kepahiang untuk membayar pajak dan retribusi, tidak mesti harus mendatangi unit kerja BRI yang ada di Kepahiang (Unit dan KCP). Tapi dapat langsung dari desa melalui jaringan BRImo dan juga bisa melalui agen BRILing.

Sementara itu Bupati Kepahiang Hidayatullah Sjahid menyubutkan jika kerja sama dengan BIR yang dilakukan kemarin merupakan tindak lanjut dari arahan Bank Indonesia (BI) agar Kepahiang mengunakan keuangan inkusif dengan mengunakan jasa perbankan.
"Kerjasama ini salah satu tujuannya untuk mempercepat proses pembayaran PBB dan retribusi daerah lainnya, selain itu tujuannya juga untuk mengantisipasi kebocoran dari keuangan daerah, dengan proses dari masyarakat melalui BRI yang langsung disetorkan ke Kasda," sebut bupati.
Sebut bupati jika tahap awal ini kerjasama dengan BRI baru terkait dengan penagihan PBB, kedepan disarankan semua OPD pengelola retribusi dan pajak daerah juga dapat mengunakan fasilitas tersebut. Masih dikatakan bupati dengan adanya kemudahan kemudahan itu diharapkan juga dapat meningkatkan pendapatan daerah dari sektor PBB.

Disisi lain Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kepahiang Damsi, S.Sos, menyatakan kerjasama pemanfaatan fasilitas perbankan yang kemarin dilakukan antara pemkab Kepahiang dengan BRI Cabang Curup, merupakan yang pertama di Provinsi Bengkulu, dan Kepahiang akan dijadikan pilot project bagi daerah lain dalam.
"Kerjasama ini kita (Kepahiang, red) yang pertama melaksanakannya, dan ini perstasi dan diharapkan akan dapat dicontoh bagi daerah lain," tukasnya. (jek/Adv)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: