Usai Kamus Rejang, Giliran Kamus Enggano Diterbitkan

Usai Kamus Rejang, Giliran Kamus Enggano Diterbitkan

CE ONLINE - Usai menerbitkan kamus bahasa Rejang lada tahun 2020 lalu, kini Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu menggarap kamus besar bahasa Enggano, yang ditargetkan dapat rampung dalam tahun ini. Ini sebagaimana diungkapkan Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Yanti Riswara.
"Jika tahun lalu kita sudah menerbitkan kamus bahasa Rejang, maka tahun ini mulai akan menggarap penerbitan kamus bahasa Enggano," ungkapnya.

Menurutnya, saat ini kamus bahasa Enggano tersebut masih dalam tahap pengerjaan. Pengembangan bukan hanya dilakukan terhadap kamus bahasa Indonesia saja, tetapi juga bahasa daerah. Pembuatan kamus bahasa daerah ini, khususnya bahasa Enggano sebagai bentuk perhatian pihaknya terhadap bahasa-bahasa lokal pada suatu daerah.
"Pembuatan kamus bahasa daerah ini kita buat dengn harapan agar nantinya bahasa lokal ini jangan sampai hilang atau sirna, seiring kemajuan dan perkembangan zaman," ujarnya.

Sementara itu, pihaknya menargetkan dalam tahun ini kamus bahasa Enggano rampung dikerjakan. Ketika rampung, maka langsung diterbitkan kamusnya.
"Sejauh ini penggarapan kamus besar bahasa Enggano itu masih berjalan, dan kita optimis bisa rampung dalam tahun ini," katanya.

Untuk diketahui bahwa tahun lalu pihaknya juga telah menggarap dan merampungkan kamus besar bahasa Rejang. Dimana kamus besar bahasa Rejang itu telah diterbitkan.
"Dalam penerbitan, kita lakukan baik itu berbentuk cetak dan juga dalam jaringan (Daring). Sehingga bisa didownload lewat playstore," pungkasnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: