BMKG Ingatkan Waspada Angin Kencang

BMKG Ingatkan Waspada Angin Kencang

CURUP EKSPRESS ONLINE - Badan Meteorologi Klimatologi gan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu mengeluarkan peringatan dini terkait potensi angin kencang di sejumlah wilayah di Provinsi Bengkulu. Selain potensi angin kencang, potensi gelombang tinggi juga berpotensi terjadi hingga 3 hari kedepan.
"Hingga Rabu (27/10) besok kita mengingatkan masyarakat terutama yang melewati daerah rawan pohon tumbang untuk waspada terhadap potensi angin kencang. Serta kota juga mengimbau untuk waspada gelombang tinggi yang diprediksi juga akan terjadi," ungkap Kepala BMKG Provinsi Bengkulu melalui Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bengkulu, Anang Anwar.

Dikatakan Anang, adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Bengkulu yang menyebabkan adanya pertemuan angin (konvergensi), belokan angin dan perlambatan kecepatan angin di wilayah Bengkulu. Serta, labilitas udara yang cukup kuat dan kelembapan udara yang basah dari lapisan bawah hingga atas atmosfer Bengkulu.
"Faktor-faktor tersebut dapat mendukung terjadinya proses pembentukan awan hujan diseluruh wilayah Provinsi Bengkulu," ujarnya.

Ia mengungkapkan, prakiraan kondisi cuaca Maritim untuk ketinggian gelombang 0.50-3.00 M berpotensi terjadi di Perairan Utara Siberut, Perairan Barat Kep. Mentawai, Perairan Bengkulu, dan Perairan Timur Enggano.
"Waspadai ketinggian gelombang 1.00-3.50 M berpotensi terjadi di Samudera Hindia Barat Kep. Mentawai, dan Samudera Hindia Barat Bengkulu," ujarnya.

Selain itu, sambungnya, masyarakat harus waspadai angin kencang dari Barat-Utara dan Timur Laut-Tenggara dengan kecepatan mencapai 20 knots di Samudera Hindia Barat Kep. Mentawai, dan Samudera Hindia Barat Bengkulu. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: