Penuhi Target PAD, Bupati Minta OPD Siapkan Langkah Konkret

Penuhi Target PAD, Bupati Minta OPD Siapkan Langkah Konkret

CURUP EKSPRESS ONLINE - Dalam rangka memenuhi target Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga akhir tahun 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong Senin (25/10) menggelar rapat evaluasi PAD Triwulan III. Dalam arahannya, Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul Effendi MM meminta kepada OPD pengelola PAD untuk menyiapkan langkah konkret.
"Menjelang 2 bulan terakhir ini, yang dibutuhkan saat ini langkah konkret bagaimana target PAD bisa tercapai," ujar Bupati.

Menurut Bupati, bahwa pihaknya berharap betul kepada OPD pengelola PAD untuk memaksimalkan betul Penagihan. Selain itu, Bupati meminta kepada Kepala OPD untuk menggunakan kewenangan untuk memerintahkan jajarannya untuk turun dalam memenuhi target.
"Semua harus bergerak, bagaimana PAD ini tercapai maksimal," sampainya.

Sementara itu, terkait target PAD tahun depan Bupati menyebut tergantung dari capaian realisasi PAD tahun 2021.
"Kita lihat nanti. Jika realisasi PAD tahun ini tercapai 100 persen, tidak menutup kemungkinan untuk naik. Tapi jika tidak atau jauh dari target realisasi bisa turun. Artinya bisa ya bisa tidak," katanya.

Ditambahkan Assisten III Setdakab RL, Ir Afnisardi mengatakan bahwa walaupun tidak bisa 100 persen, namun pihaknya berharap para OPD tetap maksimal dalam melakukan penagihan.
"Kedepan untuk yang akan datang, penetapan angka target tersebut harus ada dasar. Artinya, harus benar-benar target yang rill dibuktikan dengan data-data pendukung," ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Rejang Lebong Andy Ferdian SE menyebut bahwa berdasarkan data terakhir September 2021, realisasi yang berhasil dari OPD pengelola PAD saat ini mencapai 55 persen dari target sebesar Rp 89 Miliar.
"Meskipun kondisinya saat ini masih Covid-19, bagaimana OPD dapat terus menggali dan berinovasi agar pendapatan asli daerah tetap stabil dengan kondisi saat ini," sampainya.

Kedepan Andy juga berharap kepada OPD dalam menetapkan target tidak asal. Dimana sebut Andy harus ada perbandingan dari target dari tahun-tahun sebelumnya dan target yang ditetapkan harus benar-benar target rill.
"Jangan asal Copy paste. Tapi harus dikaji lagi dengan kondisi saat ini," pungkasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: