Dinkes : Stok Vaksin Aman

Dinkes : Stok Vaksin Aman

CURUP EKSPRESS ONLINE - Ketersediaan stok Vaksin yang dimiliki Provinsi Bengkulu dipastikan aman. Diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu H. Herwan Antoni S.KM M.Kes, bahwa stok vaksin di provinsi Bengkulu saat ini sebanyak 387.590 dosis.
"Kita pastikan untuk ketersediaan vaksin kita saat ini masih aman," kata Herwan.

Dikatakannya bahwa, ketersedian vaksin tersebut terbagi di gudang vaksin Provinsi Bengkulu sebanyak 58.260 dosis. Sedangkan di gudang vaksin kabupaten/kota sebanyak 177.060 dosis dan di seluruh Puskesmas sebanyak 152.270 dosis.
"Untuk capaian vaksinasi di level provinsi Bengkulu tercatat total vaksinasi dosis 1 di Bengkulu telah mencapai 33,02 persen. Sedangkan untuk vaksinasi dosis 2 tercatat sudah 19,17 persen," sampainya.

Sebelumnya, dalam rangka mempercepat pelaksanaan vaksinasi, Pemprov Bengkulu telahengrluarkan Surat Edaran (SE) Gubernur Nomor 440/1580/Dinsos/2021. Dimana bagi masyarakat yang tidak divaksin akan terancam ditunda atau penghentian terhadap pemberian Jaminan Sosial (Jamsos) termasuk juga Bantuan Sosial (Bansos).
"Sesuai dengan surat edaran Gubernur, tertanggal 18 Oktober 2021 itu. Bahwa jelas sanksi bagi masyarakat yang belum faksin itu akan mendapatkan penundaan penerimaan Jamsos dan juga Bansos," ungkap Herwan.

Dikatakan Herwan, SE itu sendiri menindaklanjuti instruksi Presiden RI Nomor 14 tahun 2021 tentang perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 99 tahun 2020. Tentang pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19, pasal 13A.
"Dalam pasal tersebut pada ayat (4) selain penundaan Jamsos dan Bansos juga ada sanksi penundaan atau penghentian pelayanan terhadap pelayanan administrasi pemerintahan hingga Denda," katanya.

Sementara itu untuk sanksi administrasi tersebut akan diterapkan oleh instansi baik dibawah pemerintahan pusat, maupun pemerintahan daerah. Mulai dari tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota, termasuk Badan sesuai dengan kewenangannya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: