58 Cakades Diminta Bersaing Secara Sehat

58 Cakades Diminta Bersaing Secara Sehat

CURUPEKSPRESS.COM, LEBONG - Jelang pemilihan kepala desa (pilkades) serentak Gelombang III dalam Kabupaten Lebong tahun 2021, seluruh calon kepala desa saat ini memasuki babak selanjutnya yaitu tahapan Pengundian gambar urut calon kepala desa yang di laksanakan di Aula Pemda pada Senin (29/11) kemarin.

Berdasarkan penetapan jadwal dari PMDSos Lebong jika Pilkades serentak gelombang ke III tersebut akan berlangsung pada 14 Desember 2021 mendatang diikuti sebanyak 15 desa dari 10 Kecamatan di wilayah Lebong dengan total cakades sebanyak 58 orang.

Wakil Bupati Lebong, Drs. Fahrurozi Mpd dalam sambutannya mengatakan jika ini merupakan keseriusan Pemkab Lebong dalam memfasilitasi perhelatan pilkades yang mana di laksanakan selama 6 tahun sekali. Bahkan  juga Wabup mengimbau kepada seluruh calon kepala desa (cakades) untuk dapat bersaing secara sehat dalam mewujudkan pemilihan yang damai, jujur, bebas, adil dan rahasia. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan kepala Desa yang berkualitas.
"Saya yakin kehadiran kita semua disini, sebagai wujud komitmen bersama mensukseskan pemilihan kepala Desa (PILKADES) serentak yang akan kita gelar pada tanggal 14 Desember 2021 ini, akan tetapi dalam perhelatan Cakades ini juga hendaknya pemilihan tersebut di laksanakan secara adil, jujur, bebas dan rahasia yang pastinya kades terpilih itu sesuai dengan harapan masyarakat itu sendiri karena perhelatan ini di laksanakan selama 6 tahun sekali," kata Wabup, Fakhrurrozi.

Lanjut Wabup, dirinya juga menegaskan tujuan deklarasi damai bukan sebatas acara seremonial, tapi untuk menunjukkan komitmen para calon dan seluruh pihak yang terlibat.
"Karena Keberhasilan penyelenggaraan pilkades sangat ditentukan kerja sama dan koordinasi seluruh pihak, baik calon kepala desa, panitia, pengamanan. Mari jaga pelaksanaan pilkades yang baik sesuai aturan yang ada," paparnya.

Sementara itu, Kapolres Lebong, AKBP Icsan Nur SIK menyampaikan bahwa perhelatan Pilkades 2021 ini merupakan ajang krusial di setiap desa, bahkan juga apabila seluruh pihak yang terlibat dapat Pilkades ini di laksanakan dengan baik dan sportif.
"Jangan ada upaya provokasi dalam pilkades yang dapat berpotensi menimbulkan gesekan dan memecah belah, bila ada permasalahan, koordinasikan dengan pihak terkait jangan bertindak sendiri yang dapat menimbulkan kericuhan," tegasnya.

Kapolres pun mengharapkan kepada pihak panita untuk dapat lebih mengketatkan protokol kesehatan serta tetap bersama menjaga kondisi agar tetap aman dan terkendali.
"Harapan dari kami, pelaksanaan pilkades berjalan aman dan terkendali, serta patuhi prokes agar tidak merebaknya kasus baru covid 19 di kabupaten lebong," tutupnya.

Kegiatan ini berlangsung disaksikan langsung oleh wakil Bupati Lebong, Drs. Fahrurozi Mpd,  Sekda Lebong H. Mustarani Abidin SH Msi, perwakilan Kejari Lebong, Plt Kepala Dinas PMDSos Hartoni, Kapolres Lebong AKPB Ichsan Nur SIK, Kapten inf Lilik S Danramil 409/01 Lebong Utara kemudian para Camat dan  calon Kades berserta tamu lainnya. (CE8) 

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: