Kantor Imigrasi Akomodir Pembuatan Paspor di Kabupaten

Kantor Imigrasi Akomodir Pembuatan Paspor di Kabupaten

CURUPEKSPRESS.COM, BENGKULU - Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu siap untuk jemput bola sampai ke Kabupaten untuk pembuatan paspor. Dikatakan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu, Samsu Rizal menyatakan, permintaan tersebut akan diakomodir dengan syarat minimal ada 50 permintaan paspor di kabupaten.
"Kita siap mengakomodir jika ada permintaan pembuatan paspor secra massal, baik dari Pemerintah Daerah, instansi vertikal, komunitas dan lainnya. Dengan minimal jumlah permintaan sebanyak 50 paspor," ungkapnya.

Dikatakan Samsu, untuk menjemput bola, memang pihaknya mengutamakan daerah daerah yang potensi permohonannya tinggi. Dan berkaitan dengan jumlah permohonan penerbitan paspor, pihaknya tidak membatasi.

Terpisah Kepala Seksi Lalu lintas Keimigrasian (Kasi Lantaskim), Gunawan Kuntoro, menyatakan, tujuan dari pemohon paspor cukup bervariasi. Walaupun memang biasanya didominasi untuk pelaksanaan ibadah umrah.
"Selain umrah, pembuatan paspor juga biasanya untuk bekerja formal, syarat untuk tenaga kerja Indonesia (TKI), belajar, wisata, hingga haji," katanya.

Dijelaskannya, untuk grafis pergerakan penerbitan paspor tercatat dinamis. Meskipun tidak sebanyak penerbitan paspor tahun sebelum adanya pandemi Covid-19.
"Ada dua model yang kita berikan layanan itu, diantaranya layanan simpatik dan inisiatif kantor imigrasi yang berkerja sama dengan pemerintah daerah," kata Gunawan.

Sementara itu ia menyebutkan, hingga saat ini permohonan penerbitan paspor masih terbilang sepi, dimana ini terjadi sejak adanya pandemi Covid-19. Namun dikatakannya bahwa pembuatan paspor di tahun ini nampaknya sedikit lebih meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu.
"Kondisi ini sebenarnya masih belum stabil, seperti sebelum adanya Covid-19. Mungkin masih sepi karena masuk ke negara lain masih ketat aturannya," pungkasnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: