Musrenbang Tingkat Kabupaten Digelar, Undang Bappeda Kabupaten Tetangga

Musrenbang Tingkat Kabupaten Digelar, Undang Bappeda Kabupaten Tetangga

CURUP EKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Rabu (9/3) besok melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Kabupaten (Musrenbangkab).

Dikatakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rejang Lebong, Khirdes Lapendo Pasju STTP MSi bahwa dalam pelaksanaannya, pihaknya turun mengundang Bappeda Kabupaten Kepahiang, Bappeda Kabupaten Lebong dan Bappeda Kota Lubuklinggau.
"Tujuannya untuk dapat menjalin kerjasama antar kabupaten, baik program infrastruktur maupun non infrastruktur. Banyak manfaat yang nantinya bisa dibicarakan dengan Bappeda kabupaten yang memang bersebelahan langsung dengan daerah kita," ujar Khirdes.

Menurut Khirdes, program infrastruktur yang dimaksud seperti pembangunan jalan. Sebab jalan sebagai penghubung antar kabupaten yang bersebelahan atau bertetanggaan. Selanjutnya juga program non infrastruktur yang bisa dilakukan kerjasama seperti pembinaan, pemberdayaan dan lain sebegainya.
"Ada semacam simbiosis mutualisme disini, dan tentunya juga untuk kebaikan masyarakat Rejang Lebong," ucapnya.

Sementara itu, kata Khirdes dalam Musrenbangkab pihaknya melibatkan seluruh unsur yang ada di wilayah Pemkab Rejang Lebong, baik DPRD Rejang Lebong, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan, akademisi, tokoh masyarakat, tokoh adat dan pihak-pihak terkait lainnya.
"Semua akan kita undang untuk membahas semua usulan yang masuk dari masyarakat secara bersama," ujarnya.

Sambungnya, penentuan usulan mana yang nantinya menjadi prioritas juga akan disesuaikan dengan visi dan misi Pemkab Rejang Lebong. Kemudian juga harus diselaraskan dengan anggaran yang dimiliki Pemkab dalam membangun berbagai infrastruktur fisik dan non fisik.
"Jelas ini akan memalui serangkain proses yang panjang, karena banyak hal yang harus dipertimbangkan," tukasnya. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: