Total 2 Warga RL Diserang Kusta

Total 2 Warga RL Diserang Kusta

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Sejak dua tahun terakhir, ada 2 warga Rejang Lebong yang terserang penyakit kusta. Pasien penyakit menular dengan kondisi terparah saat ini dikabarkan sampai mengakibatkan jari-jari tangannya hilang (rontok).

Disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Rejang Lebong, Syahfawi, SKM melalui Kasi P2P, Titin Julita, SKM saat ini 1 orang baru saja dinyatakan sembuh dari penyakit tersebut pada Maret lalu.
"Warga yang terserang itu benar-benar rapuh dan rontok jari-jari tangannya," sampai Titin.

Dijelaskannya, ini merupakan salah satu penyakit yang jarang dan langka terjadi. Penyakit ini dapat terjadi akibat bakteri bernama mycobacterium leprae. Meski langka terjadi, tapi ketika ada salah seorang yang terserang, proses pengobatannya memakan waktu yang cukup lama.

Titin melanjutkan, namun satu dari dua orang yang terserang kusta itu sudah dinyatakan sembuh pada Maret lalu. Sementara satu orang lagi saat ini sedang menjalani perawatan intensif di Puskesmas Perumnas Curup Tengah.
"Bersyukur satu orang sudah sembuh, dan satunya lagi masih dirawat," ujarnya.

Lebih jauh Titin menerangkan, penyakit Kusta tidak bisa dianggap remeh. Dimana gejala awal yang dialami seseorang apabila terserang penyakit ini yaitu penyakit kulit yang menyerupai panu yang baal dan terasa tebal.
"Jadi ketika kita cubit-cubit tidak terasa sama sekali, seperti mati rasa," ucapnya.

Proses penularan penyakit ini, kata Titin, bisa melalui percikan air liur di udara atau droplet dan juga dahak yang keluar pada saat orang batuk dan juga bersin.
"Penularan terjadi lewat air yang keluar dari mulut orang yang memang sudah positif mengidap penyakit kusta itu," bebernya.

Oleh karenanya, masyarakat tetap diimbau untuk selalu menjaga kesehatan. Apabila telah muncul tanda-tanda penyakit kulit mirip panu dan tebal segera lekukan pemeriksaan ke rumah sakit atau puskesmas terdekat. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: