89 Berkas DD/ADD Sudah Diproses

89 Berkas DD/ADD Sudah Diproses

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Seluruh berkas pengajuan baik dana desa (DD) maupun alokasi dana desa (ADD) tahun 2022 yang dikirim Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), seluruhnya langsung diproses untuk dapat mencairkan kedua dana tersebut. Demikian ditegaskan Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Rejang Lebong, Andi Ferdian.
"Ada sekitar 89 desa berkas DD/ADD yang masuk ke kita, dan saat ini sedang kita proses," sampainya.

Dilanjutkannya, memang belum seluruhnya desa yang berkas usulannya masuk sudah mengantongi DD/ADD, melainkan sebagiannya. Adapun sisanya, untuk DD sudah masuk dan diproses di KPPN. Sedangkan untuk ADD kini sedang pihaknya proses untuk pencairan.
"Bedanya kalau ADD memang kita yang mengurus, paling lambat pencairan ADD 3 hari setelah berkas itu masuk dari PMD," tuturnya.

Lebih jauh Andi menjelaskan, untuk pencairan ADD pihaknya memiliki target pada tahap I dapat selesai di bulan Mei mendatang. Sebab didalam dana itu terdapat penghasilan tetap (Siltap) bagi perangkat desa.
"Kita targetkan ADD tahap I tuntas bulan depan, jadi seluruh perangkat desa memiliki sudah dapat haknya," ujarnya.

Kembali ditegaskannya, tidak ada penundaan dalam hal pencairan baik DD maupun ADD. Ketika berkas tersebut masuk, akan langsung diproses.
"Apalagi menjelang lebaran ini, kita paham juga kondisi perangkat desa di sana," ucap Andi.

Sekedar mengulas berita sebelumnya, hingga Minggu (24/4) dari 122 desa yang tersebar di 15 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Rejang Lebong, 33 desa diantaranya terancam tidak dapat mencairkan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) tahap I tahun 2022.

Jika sampai dengan hari ini Senin (25/4) 33 desa dimaksud belum juga menyampaikan usulan pencairan ADD dan DD tahap I ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) RL. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: