Lapas Sediakan Layanan VC, Antisipasi Kunjungan Keluarga Ditiadakan

Lapas Sediakan Layanan VC, Antisipasi Kunjungan Keluarga Ditiadakan

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Curup menyiapkan layanan video call. Hal ini guna mengantisipasi jika kunjungan keluarga kembali ditiadakan dalam libur Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah. Ini sebagaimana disampaikan Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Curup, Rodi Ernando.
"Untuk mengantisipasi itu, kita siapkan layanan video call agar warga binaan tetap bisa bertutur sapa dengan keluarga pada hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah," ujar Rodi.

Menurut Rodi, untuk fasilitas video call tersebut akan disiapkan sebanyak 10 buah. Dimana masing-masing WBP yang ada, akan bergantian untuk mendapatkan layanan itu.
"Dengan itu, mudah-mudahan silaturahmi warga binaan dan keluarga tetap terfasilitasi dengan baik," sampainya.

Lanjut Rodi, untuk 2 tahun belakangan Lapas Curup meniadakan kunjungan keluarga di hari Lebaran. Hal tersebut guna antisipasi penularan corona virus disease 2019 (Covid-19). Hanya saja, terkait apakah tahun ini kunjungan keluarga kembali ditiadakan atau diperbolehkan, saat ini pihaknya masih menunggu instruksi dari pusat dalam hal ini dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI.
"Kami belum bisa membuat kebijakan soal kunjungan keluarga di hari Lebaran. Kami menunggu petunjuk dari pusat," tandasnya.

Untuk diketahui, saat ini jumlah penghuni Lapas berjumlah 646 orang. Yang terdiri atas tahanan sebanyak 94 orang dan narapidana sebanyak 552 orang. Dari jumlah tersebut sudah meliputi dari wilayah 3 Kabupaten yang menjadi wewenang dari Lapas Curup yakni Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Lebong dan Kabupaten Kepahiang. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: