Upaya Transformasi Kampus, Rektor IAIN Curup Kunjungi Gedung Dewan

Upaya Transformasi Kampus, Rektor IAIN Curup Kunjungi Gedung Dewan

ARI/CE Kunjungan Rektor IAIN Curup ke Gedung DPRD Rejang Lebong.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Rektor IAIN Curup, Prof Dr Idi Warsyah beserta jajarannya pada Senin (18/7) kemarin melakukan kunjungan ke DPRD Rejang Lebong.

Pantauan CE, kedatangan Rektor baru kampus IAIN Curup tersebut bukan hanya sebatas kunjungan, namun lebih spesifik lagi pihak IAIN melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) untuk membahas tentang upaya transformasi kampus dari IAIN menuju UIN.

Ketua DPRD RL, Mahdi Husen SH yang menyambut langsung rombongan Rektor mengatakan banyak pemaparan yang disampaikan pihak IAIN dalam upaya pentransformasian kampus tersebut.

Diantaranya yang paling inti adalah persoalan minimnya lahan yang ada dan jumlah mahasiswa yang masih kurang.

BACA JUGA :  Pemkab Wacanakan Beri Reward Untuk Imam Teladan 

"Semua pemaparan dan keluhan yang disampaikan oleh pihak IAIN kami sambut dengan baik," katanya.

Mahdi melanjutkan, setelah menampung semua aspirasi IAIN pihaknya siap mendukung upaya tersebut.

Selain itu diharapkan juga pemerintah daerah (Pemda) dapat sejalan menunjang program transformasi kampus yang tengah diusahakan oleh IAIN.

"Disini jelas kami mendukung dan dari hampir 50 persen anggota dewan yang hadir menunjukan respon yang sama. Sehingga nantinya kami harapkan Pemda juga bisa selaras," jelasnya.

Disisi lain Rektor IAIN Curup, Prof Dr Idi Warsyah menyampaikan, sejauh ini persiapan  yang sedang dilakukan oleh pihaknya yakni penambahan perangkat akademik khususnya jumlah guru besar sebagai salah satu syarat untuk bisa menjadi UIN minimal harus berjumlah 4 profesor.

BACA JUGA :  BPBD Petakan Titik Rawan Bencana 

Sambungnya, dimana IAIN Curup saat ini sudah memiliki 2 profesor dan 3 calon profesor lainnya tengah diusulkan.

"Artinya untuk guru besar kita positif tercapai," sampainya.

Kemudian persoalan yang paling urgen dimiliki IAIN Curup saat ini, sebut Idi adalah perihal lahan yang masih sangat kurang.

Oleh karena itu pihaknya berharap bisa mendapat perhatian khusus dari Pemkab RL, dengan diberikannya hibah tanah atau lokasi untuk pengembangan kampus dari IAIN menuju UIN.

BACA JUGA :  DLH Optimalkan Perda Sampah 

"Kami berencana membangun kampus II yang nantinya tidak hanya terpusat di Curup Utara saja tetapi di wilayah lain di RL ini. Kami sangat berharap program ini mendapat dukungan dari Pemkab," terangnya.

Selain itu sambungnya, syarat lain agar program tersebut bisa terwujud adalah IAIN harus memiliki jumlah mahasiswa paling tidak sebanyak 10.000.

BACA JUGA :  Pemkab Bakal Terapkan TTE 

"Dimana sekarang kami sedang gencar mensosialisasikan ke sejumlah daerah, tidak hanya Provinsi Bengkulu, tetapi se Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel)," singkatnya. 

Sumber: