Jemaah Haji Tiba, JH Sakit Wajib Isoman

Jemaah Haji Tiba, JH Sakit Wajib Isoman

Para jemaah haji Rejang Lebong saat diperjalanan menuju bandara untuk bertolak ke tanah air.-Ist/curup ekspress-raselnews.com

REJANG LEBONG,CURUPEKSPRESS.COM  - Jika tidak ada kendala. Pada Jumat (21/7) hari ini sebanyak 106 jemaah haji (JH) asal Kabupaten Rejang Lebong akan tiba di Bandara Fatmawati Bengkulu pada pukul 15.00 WIB. 

BACA JUGA :  35 SD Bakal Dapat Bantuan Chromebook 

Informasi diperoleh CE, penjemputan JH akan dipimpin langsung Wakil Bupati (Wabup) RL, Hendra Wahyudiansyah SH sekaligus mengawal kepulangan 106 JH ke Kabupaten RL. 

"Insya Allah, pak wabup juga ikut menjemput dan mengawal kepulangan 106 jemaah haji sore besok (hari ini, red)," ujar Kabag Kesra Setdakab RL, Herwin Wijaya Kusuma. 

BACA JUGA :  Wabup Minta Keroyokan Tangani Stunting 

Dalam penjemputan JH itu, kata Herwin pihaknya juga telah menyiapkan 3 bus dan pengawalan yang akan dilakukan oleh pihak kepolisian dan sebagainya.

Dimana sebelum bertolak ke Kabupaten RL, 106 JH RL tersebut akan lebih dulu ke asrama haji untuk dilakukan pelepasan.

BACA JUGA :  AKD Yang Baru Resmi Terbentuk, Ini Nama-nama Ketua dan Anggotanya! 

"Setelah dilepas dan diserahterimakan, baru 106 jemaah haji kita bertolak menuju Masjid Agung Baitul Makmur Curup untuk dilakukan pennyambutan," sampainya.

Adapun prakiraan tibanya di Kabupaten RL, sebut Herwin pada pukul 17.30 WIB. Dimana saat ini, persiapan penjemputan dan penyambutan mendekati 100 persen. 

"Kalau tidak ada delay pesawat, prakiraan kami pukul 17.30 WIB," katanya.

BACA JUGA :  Narkoba, Radikalisme dan Terorisme jadi Musuh Bersama 

Sementara itu, Herwin menjelaskan dalam proses penyambutannya di Masjid Agung akan dijaga ketat oleh pihak kepolisian, dishub, satpol-pp dan pihak terkait lainnya.

Dimana dalam pelataran masjid, hanya diperkenankan jemaah haji berikut pengantarnya.

BACA JUGA :  BPD Minta Gaji Dinaikkan Hingga Rp 2,5 Juta

"Karena di halaman masjid itu akan streril. Artinya keluarga yang menjemput berada diluar pagar dan mobilnya juga akan dirapikan, dan jalan diatur oleh petugas agar tidak terjadi kemacetan. Mudah-mudahan penjemputan berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan yang diharapkan," tandasnya. 

JH Dihimbau Isolasi Mandiri 

Terpisah Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Rejang Lebong Dr H Nopian Gustasri SPdI MPdI mengatakan, hari ini 106 Jemaah Haji (JH) tiba di RL.

Dimana dirinya menghimbau, agar setibanya di RL, para JH yang kondisi kesehatannya terganggu dapat melaksanakan isolasi secara mandiri.

Hal itu dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sekaligus agar kondisi JH bisa kembali fit dan bugar kembali. 

"Kami menghimbau kepada JH RL, agar dapat melaksanakan isolasi secara mandiri. Karena meskipun kondisinya dalam keadaan baik, mereka tetap membutuhkan istirahat. Selain itu pasti banyak keluarga juga yang ingin berkunjung," ujarnya. 

Kakan Kemenag juga menyampaikan, agar JH yang kondisi nya kurang baik, dapat melakukan pemeriksaan lanjutan di rumah sakit.

Tentunya dengan membawa buku kesehatan hajinya, agar pihak medis dapat melihat riwayat kesehatannya selama melaksanakan ibadah.

Sumber: