SDN 21 Rejang Lebong, Ajarkan Siswa Menabung

SDN 21 Rejang Lebong,  Ajarkan Siswa Menabung

Cw/ce Para siswa di SDN 21 Rejang Lebong.--

REJANG LEBONG,CURUPEKSPRESS.COM- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 21 Rejang Lebong mulai menerapkan kebiasaan menabung bagi para siswa.

Ini dilakukan dalam upaya membudayakan hidup hemat serta mengajarkan siswa memanajemen keuangan mereka.

Sekolah yang berada di Desa Simpang Beliti Kecamatan Binduriang Kabupaten RL tersebut sudah memulai kegiatan menabung tersebut pada semester tahun ini. Dan sudah mendapat persetujuan oleh pihak wali murid melalui komite sekolah. 

Hal ini dibenarkan oleh kepala SDN 21 RL, Mamik Uriastuti MPd kepada wartawan Rabu 7 Seprtember 2022 kemarin.

BACA JUGA:Takziah Hingga Malam ke-7

BACA JUGA:Soal Kadis DLH di Non Job, Ini Kata Sekda

"Saat ini kami sedang membiasakan hidup hemat bagi siswa disini, dan uangnya berasal dari sisihkan uang jajan dari siswa setiap harinya, jadi jika siswa membawa uang jajan Rp 5000 mereka bisa menyisihkan uang jajannya sebesar Rp 500 sampai Rp 1000, dan uang tersebut mereka tabung langsung kepada masing - masing wali kelas mereka masing masing,dan setelah direkap maka akan diserahkan kepada Bendahara Sekolah," ujar kepsek.

Dikatakan Kepsek bahwasanya kegiatan menabung tersebut diikuti oleh 188 siswa di sekolahnya. Dan nantinya tabungan tersebut setiap dua minggu sekali akan diperiksa oleh pihaknya dan bendahara sekolah serta masing - masing wali kelas, dan setelah itu tabungan tersebut nantinya akan mereka dititipkan di Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang merupakan salah satu bank terdekat sekolah tersebut.

BACA JUGA:Polres Kawal Penyaluran BLT BBM

BACA JUGA:Giliran Bendahara Desa Diperiksa Penyidik Tipidkor, Dugaan Penyelewengan BLT DD Tabeak Kauk

"Syukur alhamdulillah sampai saat ini program tersebut sudah berjalan dengan baik dan kegiatan menabung tersebut diikuti secara antusias oleh siswanya," jelas kepsek.

Sementara itu kepsek mengatakan bahwasanya uang dari tabungan siswa tersebut nantinya akan manfaatkan untuk kepentingan siswa di sekolahnya tersebut, seperti halnya saat ini karena seluruh siswa di sekolahnya tersebut merupakan anggota pramuka yang nantinya diharapkan akan mendapatkan tanda kecakapan khusus (TKK) yakni salah satunya TKK menabung tersebut.

"Yang pastinya tujuan dari dilaksanakannya kegiatan menabung tersebut untuk melatih mereka supaya bisa hidup hemat dan juga bisa memanajemen keuangan," pungkasnya.

Sumber: