3 Pansus DPRD RL Kunker, Mahdi: Cari Referensi Raperda

3 Pansus  DPRD RL Kunker, Mahdi: Cari Referensi Raperda

Mahdi Husen--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Panitia khusus (pansus) I, II dan III di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rejang Lebong, saat ini tengah melakukan kunjungan kerja (Kunker).

Kunker tersebut dilakukan ke beberapa daerah diluar Provinsi Bengkulu guna mencari referensi perbandingan rancangan perda (Raperda) yang saat ini sedang dilakukan penggodokan ditingkat pansus. 

"Masih menindaklanjuti perihal Raperda yang sedang dibahas, masing-masing Pansus kembali gelar kunker keluar daerah," Ketua DPRD Kabupaten RL, Mahdi Husen SH. 

Mahdi menjelaskan, untuk Pansus I menjalani kunker ke Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat dengan membawa Raperda tentang fasilitasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkotika dan prekusor narkotika yang dilakukan pembahasan dan Raperda tentang pembentukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Rejang Lebong bersama Kesbangpol.

BACA JUGA: Dari Upacara HUT TNI ke-77, Bupati: TNI Lebih Dekat dengan Masyarakat

BACA JUGA: Pasca Tabrak Tiang Listrik Roboh, PLN Curup Tegaskan Korban Tewas Tidak Kesetrum

Lanjutnya, kemudian Pansus II menjalani kunker ke Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan dengan membawa Raperda tentang penyertaan modal pemerintah Kabupaten Rejang Lebong pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Berikutnya Pansus III yang menjalani kunker ke Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat dengan membawa Raperda tentang pengelolaan air limbah domestik, dan Raperda tentang penyediaan, penyerahan, dan pengelolaan prasarana, sarana dan utilitas untuk dibandingkan dengan Perda yang sudah ada di daerah tersebut.

"Jadi setiap Pansus bawa Raperda masing-masing untuk dibandingkan dengan daerah lain yang sudah menerapkan perda yang sama," paparnya.

Politisi Golkar itu melanjutkan, dengan dijalankannya kunker tersebut diharapkan bisa memberikan referensi yang jauh lebih baik terhadap Raperda yang sedang dirancang.

BACA JUGA: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Masih Mengintai

BACA JUGA: Bakal Ada BLT BBM Lagi?

Sehingga ketika ketiga Pansus kembali ke Kabupaten RL, sudah memiliki rancangan baru yang bisa disesuaikan dengan RL.

Sumber: