Rawan Terjadi Bencana Longsor, Masyarakat Diminta Waspada Lintasi Jalur Curup - Lebong

Rawan Terjadi Bencana Longsor, Masyarakat Diminta Waspada Lintasi Jalur Curup - Lebong

Dok/CE Personil Polsek RP melaksanakan giat pemasangan spanduk peringatan waspada longsor belum lama ini--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Curah hujan tinggi akhir-akhir ini yang terus melanda wilayah Lebong bisa berpotensi mengakibatkan pohon tumbang, terjadinya banjir, hingga tanah longsor.

Menyikapi hal tersebut, Kapolres Lebong AKBP Awilzan SIK, melalui Ipda Hasan Basri mengimbau, kepada masyarakat agar senantiasa selalu waspada dan peka terhadap kondisi cuaca ekstrim yang terjadi saat ini.

"Kami imbau kepada seluruh masyarakat, terutama bagi pengendara yang melewati jalur lintas Curup - Lebong agar selalu meningkatkan kewaspadaan. Karena kondisi cuaca ekstrim yang terjadi saat ini bisa mengakibatkan tanah longsor diwilayah tersebut," kata Kapolsek.

Menurut Kapolsek, wilayah RP merupakan wilayah yang sangat rawan terjadinya bencana alam berupa longsor. Bahkan setiap musim penghujan tiba, daerah tersebut sudah pasti menjadi langganan bencana.

BACA JUGA:Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Curup Sukses Gelar Yudisium, Luluskan 243 Sarjana

BACA JUGA:162 Bidang Tanah Pemkab Kepahiang Belum Bersertifikat

Maka dari itu kepada seluruh para pengendara, jika melintasi jalur tersebut diminta agar selalu mewaspadai jika hujan tiba agar kiranya dapat berhenti sejenak.

"Guna mencegah risiko adanya korban jiwa maupun kerusakan materil yang cukup besar, pengendara bisa berhenti sejenak dan apabila terjadi bencana alam agar segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas atau Polsek terdekat," ujarnya. 

Disamping itu, ia juga menyampaikan agar masyarakat tetap menjaga lingkungan sekitar, seperti selalu update prakiraan cuaca, rutin laksanakan gotong royong jika terjadi penumpukan sampah di saluran irigasi setempat.

"Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran kita bersama untuk menanggulangi bencana alam yang terjadi akibat dampak dari cuaca saat ini," singkatnya. 

Sumber: