Verfak Keanggotaan Parpol 628 Sampel Belum Berhasil Ditemui

Verfak Keanggotaan Parpol  628 Sampel Belum Berhasil Ditemui

Visco Putra Alexander--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong telah melaksanakan verifikasi faktual (Verfak)  terhadap 1.163 sampel keanggotaan partai politik (Parpol).

Hanya saja, dari 1.163 jumlah sampel yang didatangi oleh Petugas Verfak diketahui 628 sampel belum berhasil ditemui.

Ini sebagaimana disampaikan Koordinasi Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kabupaten RL, Visco Putra Alexander.

"Ya kami telah mendatangi satu persatu rumah keanggotaan parpol. Namun dari 1.163 sampel, yang berhasil ditemui hanya sebanyak 535 sampel dan sisanya 628 sampel lainnya belum berhasil kami temui," ujarnya, Kamis 27 oktober.

BACA JUGA: 54 SD Lebong Masih Menumpang

BACA JUGA: Ditemukan 1 Penderita GGA BPOM, Sidak Apotik dan Rilis Jenis Obat Dilarang Edar

Menurut Alex, 628 sampel yang belum berhasil ditemui oleh petugas Verfak dengan alasan beragam yang diterima.

"Saat kami datangi rumahnya, ada yang sudah pindah, kemudian ada juga karena memang tidak ada di tempat dengan alasan kesibukan masing-masing," sampainya.

Terhadap 628 sampel yang belum berhasil ditemui, sebut Alex saat ini dalam proses rekapitulasi daftar nama-nama yang bersangkutan.

Dimana dari hasil rekapitulasi daftar nama tersebut nantinya akan disampaikan kepada Parpol dan kemudian pihaknya meminta Parpol untuk menghadirkan anggota sesuai daftar nama di kantor sekretariatnya masing-masing.

BACA JUGA: Waspada Varian Baru Covid-19

BACA JUGA: Dewan Minta Pelaku Sodomi Tes Kejiwaannya

"Nantinya setelah dihadirkan di kantor masing-masing, kami akan hadir untuk kembali melakukan Verfak," katanya.

Sementara itu kata Alex dalam Verfak yang dilakukan, pihaknya melakukan pengecekan terhadap kesesuaian antara kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu tanda anggota (KTA) Parpol yang diinput dalam sistem informasi partai politik (Sipol).

"Kemudian memastikan pernyataan langsung dari yang bersangkutan, apakah benar menjadi anggota parpol atau tidak," ujarnya.

Di sisi lain, Alex berharap kepada para Parpol untuk menghadirkan anggota yang belum belum berhasil ditemui paling lambat 4 November mendatang.

Sumber: