12 JPT Ikuti Uji Kompetensi, Hasil Ujikom Jadi Dasar Evaluasi Bupati

12 JPT Ikuti Uji Kompetensi, Hasil Ujikom Jadi Dasar Evaluasi Bupati

JACK/CE JPT Pemkab Kepahiang saat melaksanakan Ujikom dan Ejab. --

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Setelah sekian lama memimpin organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintahan Kabupaten Kepahiang, sebanyak 12 pejabat eselon II Sabtu 12 November, bertempat di Barat Wetan Resident Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang, kembali diuji kompetensinya melalui pelaksanaan uji kompetensi (Ujikom) dan evaluasi jabatan (Ejab).

Ke 12 pejabat yang melaksanakan ujikom dan ejab tersebut diantaranya Asisten III Hairah Aryani, Kadis Dukcapil Nyanyu Elia Hasanah, Kalak BPBD Ir Taufik, Kadis 

Pertanian Hernawan, Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja Yurnalis, Sekretaris DPRD Kepahiang Roland Yudhistira, Kepala BKD PSDM Ardiansyah, Kadinkes H Tajri Fauzan, Kadis Parpora Teddy Adeba, Kadis PUPR Rudi Andi Sihaloho, Kasatpol PP A Gani dan Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Rukismanto.

BACA JUGA:Peringatan Puncak HKN, Bupati Harap Masyarakat Bangkit dan Pulih

BACA JUGA:Pemkab Rejang Lebong Kekurangan Tenaga Penyuluh KB

Sementara hasil pantauan wartawan koran ini di lokasi pelaksanaan Ujikom dan Ejab, tim penguji sendiri tidak hanya berasal dari internal Pemkab Kepahiang yang dalam hal ini diwakili Sekda Kepahiang Dr Hartono MPd, dan Asisten I Husni Thamrin. Tapi juga ada unsur dari eksternal dari Pemprov Bengkulu dan perwakilan dari kalangan akademisi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepahiang, Dr Hartono MPd yang dikonfirmasi di sela-sela pelaksanaan ujikom dan Ejab, membenarkan pelaksanaan tersebut. Disampaikannya pelaksanaan Ejab dan ujikom, dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kepantasan pejabat eselon II yang selama ini telah memimpin OPD yang dipimpinnya.

"Ada 12 JPT yang mengikuti Ujikom dan Ejab ini. Mereka dibagi dalam 2 kelas 5 JPT mengikuti Ejab  dan 7 JPT mengikuti Ujikom," kata Hartono.

BACA JUGA:Ini Peta Wilayah Rawan Bencana

BACA JUGA:Realisasi Seragam Gratis Ditargetkan Pertengahan Desember

Dijelaskannya untuk 5 JPT yang melaksanakan Ejab, JPT yang telah menduduki jabatan tersebut lebih dari 5 tahun diantaranya Asisten III,  Kadis Dukcapil, Kalak BPBD, Kadis Pertanian Hernawan, Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja. Sedangkan 7 JPT Ujikom yang melaksanakan Ujikom, JPT yang telah melaksanakan tugas sebagai pimpinan OPD lebih dari 2 tahun dan kurang dari 5 tahun diantaranya Sekretaris DPRD, Kepala BKD PSDM, Kadinkes, Kadis Parpora, Kadis PUPR, Kasatpol PP dan Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan. 

"Hasil Ujikom dan Ejab ini nanti akan menjadi dasar bahan pertimbangan bupati untuk melakukan evaluasi terhadap pejabat yang bersangkutan," tukas Sekda. 

Sumber: