KPU Sosialisasikan Pembentukan PPK/PPS dan Kenalkan Siakba

KPU Sosialisasikan Pembentukan PPK/PPS dan Kenalkan Siakba

IST/CE Koordiv Sosialisasi dan Parmas KPU Kabupaten Rejang Lebong saat melakukan sosialisasi pembentukan PPK dan PPS. --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM  - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong (RL), Selasa 15 November kemarin melaksanakan kegiatan sosialisasi pembentukan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

Sosialisasi yang dilakukan kemarin, menyasar 3 Kecamatan di wilayah Lembak yakni Kecamatan Sindang Beliti Ulu (SBU), Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI) dan Kecamatan Kota Padang yang dilaksanakan dimasing-masing Aula Kantor Camat. 

Dikatakan Koordinator Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Kabupaten RL, Ujang Maman S Sos bahwa selain mensosialisasi Pembentukan PPK dan PPS, pihaknya juga mengenalkan Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (Siakba) sekaligus melakukan simulasi langsung. 

BACA JUGA:Hadiri Bazar UMKM dan Seminar Nasional, Ashanty Kunjungi IAIN Curup

BACA JUGA:Diawali Pawai, BRI KC Curup Gelar Pesta Rakyat Simpedes

"Ini dilakukan karena pendaftaran PPK dan PPS untuk penyelenggara pemilu 2024 ini dilakukan secara online melalui siakba.kpu.go.id ini merupakan hal yang baru, maka sosialisasi SIAKBA ini sangat perlu dilakukan karena baru kali ini  pendaftaran PPK dan PPS mendaftar secara online. Dalam sosialisasi ini juga, KPU melakukan simulasi Siakba dengan email peserta sosialisasi," ujarnya. 

Menurut Ujang, selain 3 Kecamatan di wilayah Lembak, rencananya Rabu 16 November hari ini KPU akan melaksanakan sosialisasi di 3 Kecamatan lagi yakni Kecamatan Binduriang, Sindang Dataran dan Bermani Ulu. 

"Sampai besok (hari ini, red) ada 6 Kecamatan yang kami datangi. Mengapa diadakan sosialisasi di 6 Kecamatan ini? Salah satu alasannya karena partisipasi pendaftar PPK dan PPS pada pemilu sebelumnya di Kecamatan ini relatif rendah," sampainya. 

Untuk diketahui, peserta sosialisasi pembentukan PPK dan PPS tersebut berasal dari perwakilan desa dengan unsurnya Karang Taruna, Risma, Tokoh Pemuda dan masyarakat lainnya.

Sumber: