Lebong Nihil Kasus HIV/AIDS

Lebong Nihil Kasus HIV/AIDS

ILUSTRASI/NET--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong, Rachman SKM melalui Koordinator Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Elva Nasuation Susanti, SKM memastikan selama dua tahun terakhir sejak 2021-2022 kabupaten Lebong dipastikan nihil kasus penyakit HIV/AIDS.

Hal Itu berdasarkan data Dinkes yang mencatat belum adanya kasus yang ditangani dan tercatat dalam aplikasi HIV.

"Alhamdulillah, sejak 2021 tidak ada kasus yang tercatat pada aplikasi HIV. Artinya Lebong masih nihil temuan kasus HIV/AIDS," kata Elva sapaan akrabnya.

Kendatipun belum ada temuan kasus yang dimaksud, namun pihaknya belum dapat memastikan jika nantinya terdapat temuan kasus baru. Karena bisa saja warga Lebong yang terjangkit penyakit tersebut daerah luar.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat terutama para muda-mudi untuk tidak melakukan sex bebas, kemudian tidak menggunakan satu jarum suntik secara bergantian," imbuhnya.

BACA JUGA:Target Jadi Lumbung Beras di Bengkulu, Bupati Ajak Sukseskan Progran Tanam Dua Kali Setahun

BACA JUGA:5 Organisasi Dapat Kucuran Hibah Rp 1 M

Tambahnya, faktor utama penyebab masyarakat yang menderita HIV/AIDS adalah free seks, LGBT yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh.

Kemudian bagi penderita HIV/AIDS yang memiliki penyakit lain juga dapat menyebabkan kematian. Hanya saja, pengetahuan masyarakat tentang pencegahan, penularan, hingga penanggulangan HIV/AIDS ini masih sangat kurang. 

"Penyakit HIV/AIDS tidak bisa disembuhkan maka kami mengingatkan masyarakat terutama kaum remaja untuk tetap waspada. Terlebih lagi, berhubungan seks dengan seseorang yang belum diketahui pasti riwayatnya, " tutupnya. 

Sumber: