Target Jadi Lumbung Beras di Bengkulu, Bupati Ajak Sukseskan Progran Tanam Dua Kali Setahun

Target Jadi Lumbung Beras di Bengkulu, Bupati Ajak Sukseskan Progran Tanam Dua Kali Setahun

KOPLI ANSORI--

LEBONG, CURUP EKSPRESS.COM - Bupati Lebong, Kopli Ansori, mengajak seluruh Masyarakat Kabupaten Lebong untuk dapat sensukseskan program tanam dua kali setahun pada tahun 2023 mendatang.

Bahkan agar dapat mendukung terwujudnya program tersebut, Pemkab Lebong sudah meyiapkan beberapa program , yang akan mendukung kegiatan tersebut, seperti penyediaan  bantuan  benih unggul, saprodi, alsintan hingga insentif pengendalian hama tikus. 

BACA JUGA:Terlibat

BACA JUGA:Lelang Proyek Bakal Dipercepat

"Saat ini 6 kecamatan di Lebong sudah tercatat dan berhasil melakukan tanam pada 2 kali setahun, maka PR selanjutnya bagaimana kecamatan lain juga bisa melakukan hal yang serupa," ucap bupati.

Untuk juga dapat mewujudkan terget Lebong sebagai daerah swasembada beras di Provinsi Bengkulu, dengan program tanam 2 kali setahun. Tegas bupati,  setiap desa di dalam wilayah Lebong yang memiliki areal lahan persawahan, dapat menggunakan 20 persen dana desa (DD) untuk program ketahanan pangan digunakan sebagai pendukung program tersebut.

"Seperti yang dilakukan oleh Desa Talang Liak II beberapa waktu lalu, mereka terbilang berhasil karena dari 120 Ha luasan lahan  sawah 85 persen sudah bisa melaksanakan program tanam dua kali setahun.

BACA JUGA:4 Kecamatan Manfaatkan Subsidi Banpok

BACA JUGA:Tak Beri Kontribusi, PT TUMS Dilapor ke APH

Lebih lanjut sampai bupati, , apabila 93 desa di Lebong berhasil melaksanakan program tanam dua kali setahun pada tahun 2023 mendatang, dirinya optimis Lebong bisa menjadi sentral lumbung beras terbesar di Provinsi Bengkulu.

"Harapan kita seluruh desa di wilayah Lebong dapat tanam dua kali dalam satu tahun, kedepan Lebong akan menjadi sentra lumbung beras terbesar," singkat Kopli.

Sumber: