Waspada Pencurian Data Pribadi, Modus Mengirimkan File

Waspada Pencurian Data Pribadi, Modus Mengirimkan File

ILUSTRASI/NET--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Kepolisian Resor (Polres) Rejang Lebong, meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai penipuan pencurian data pribadi. Dimana saat ini, modus penipuan beragam. Terbaru, pelaku melakukan penipuan dengan mengirimkan file berbentuk Apk.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Tonny Kurniawan SIK mengatakan, modusnya terbarunya mengirimkan file antar paket. Meskipun belum ada kasusnya di Kabupaten Rejang Lebong, namun Kapolres meminta masyarakat untuk mewaspadai.

BACA JUGA:1 Desa Dipastikan Tidak Dapat Anggaran BKK, Tinggal Proses Monitoring

BACA JUGA:Soal Tol Bengkulu-Lubuklinggau, Gub Masih Optimis Berlanjut

"Jika mendapati hal tersebut, kami minta segera hapus atau blokir kontak yang mengirim file yang mencurigakan," ujar Kapolres.

Menurut Kapolres, ada beberapa langkah agar terhindar dari pencurian data pribadi dengan modus mengirim file. Diantaranya memperhatikan ekstensi file yang dikirim, jika berupa ekstensi Apk jangan dibuka atau diunduh. Kemudian menghindari membuka file atau link dari nomor yang tidak dikenali.

BACA JUGA:Lelang JPT Tunggu Assessment

BACA JUGA: CAT PPPK Dilaksanakan di Bengkulu

"Apabila menerima berupa pesan dokumen dari kontak yang tidak dikenali, minta pengirim untuk mengirimkan screenshot foto atau dokumen yang dikirimkan," sampainya.

Sementara itu, Kapolres berharap masyarakat tidak ada yang menjadi korban penipuan ini begitupun dengan penipuan jenis lainnya. Dan Kapolres meminta jika ada yang mencurigakan, agar segera melapor ke Satreskrim Polres Rejang Lebong.

"Dengan cepat melapor, segera juga ditindaklanjuti," pungkasnya. 

Sumber: