Manfaatkan DD Kembangkan Sektor Wisata, 27 Desa Telah Ditetapkan Sebagai Desa Wisata

Manfaatkan DD Kembangkan Sektor Wisata, 27 Desa Telah Ditetapkan Sebagai Desa Wisata

Dok/CE Objek Wisata Air Putih--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Melalui keputusan Bupati Lebong, Kopli Ansori,  Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lebong, telah menetapkan sebanyak  27 desa di Kabupaten Lebong sebagai desa wisata.

Sebagian besar wisata yang dikembangkan adalah wisata alam sesuai dengan potensi yang ada di masing-masing desa.

Kabid Pariwisata  Lebong, Agus Supriadi SE mengatakan, desa yang sudah ditetapkan sebagai desa wisata diharapkan bisa memaksimalkan pengelolaannya.

Bisa dilakukan dengan memanfaatkan Dana Desa (DD). Contohnya seperti membangun sarana penunjang untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Termasuk program pemberdayaan masyarakat sekitar menyiapkan oleh-oleh khas yang dimiliki desa yang bisa merangsang tumbuhnya pelaku UMKM baru.

BACA JUGA:Menteri Perdagangan Batal Kunjungi Lebong, Peresmian PTM Muara Aman Ditunda

BACA JUGA:Diskominfo Klaim RL Bebas Blank Spot

"Dengan ditetapkan sebagai desa wisata, diharapkan bisa memaksimalkan pengelola wisata yang ada di masing-masing desa. Salah satunya dengan menyiapkan pos anggaran tersendiri dalam penggunaan DD untuk mengembangkan sektor wisata, " kata Agus.

Ia memastikan pihaknya akan terus mendorong dan mempromosikan wisata yang dikembangkan oleh masing-masing desa. Dengan catatan kawasan wisata yang dikembangkan itu sudah siap menerima kunjungan wisatawan.

"Contohnya seperti di kawasan Air Putih, setidaknya di kawasan objek wisata yang dikembangkan memiliki gazebo," lanjutnya.

Dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki Disparpora Lebong tahun ini pihaknya tak bisa berbuat banyak untuk mendukung membangun sarana dan prasarana kawasan wisata. Jika pun memungkinkan, pihaknya akan mengusulkan anggarannya di tahun 2023 mendatang.

BACA JUGA:Belum Terdaftar JKN, Anggaran BPJS Perangkat 52 Desa Jadi SILPA

BACA JUGA:Santriwati Korban Pencabulan Jalani Pemeriksaan Visum Et Psikiatri

"Termasuk untuk meningkatkan kinerja Pokdarwis dalam mengembangkan desa wisata melalui program pelatihan hingga sosialisasi, " demikian Agus. 

Sumber: