Tips dan Resep Salad Enak, Anti Gagal!

Tips dan Resep Salad Enak, Anti Gagal!

ILUSTRASI/NET--

EKBIS, CURUPEKSPRESS.COM Haloo.. Sobat CE. Taukah sobat, kalau salad merupakan hidangan yang digemari oleh semua kalangan. Tidak tua, muda bahkan anak-anak menyukai salad buah maupun sayur.

Dikutip dari gramedia.com, ada beberapa resep salad buah yang sausnya ada campuran yogurt, susu, dan lainnya untuk menambahkan kelezatan rasa salad buah.

Selain karena mudah dibuat, salad buah adalah makanan sehat yang enak serta bergizi. Karena cara membuat salad buah cukup mudah dan rasanya lezat, maka saat ini ada banyak orang yang menjual salad ini dengan resep masing-masing.

Salad ini cocok dimakan sebagai makanan penutup. Pada dasarnya, cara membuat salad buah cukup mudah, yaitu hanya memotong berbagai macam buah dan menambahkan saus khusus. Berikut beberapa inspirasi cara membuat salad buah enak, sehat dan cocok dijadikan sebagai ide bisnis sobat CE.

Resep Salad Buah Lezat

1. Resep Salad Buah dengan Susu

Salad dengan susu adalah salah satu resep salad buah yang populer. Perpaduan dari buah-buahan segar ditambah dengan susu kental manis membuat salad ini terasa sederhana tetapi memiliki cita rasa yang berbeda. 

Karena ditambah susu kental manis, resep salad ini cocok untuk dijadikan sebagai makanan penutup.

Selain itu, apabila disimpan ke dalam lemari pendingin lebih dahulu, salad buah dengan susu kental manis bisa menjadi camilan yang segar untuk dimakan ketika cuaca sedang panas. Berikut cara membuat salad buah dengan tambahan susu kental manis.

Bahan-bahan:

100 gr buah apel

100 gr anggur hijau

80 gr buah strawberry

80 gr anggur hitam

80 gr buah jeruk

1 hingga 2 buah pisang

120 ml whipping cream

50 gr cream cheese

1 sdm perasan air jeruk lemon

50 ml susu kental manis

Cara membuat:

1. Masukan 120 ml whipping cream ke dalam mangkuk besar, tambahkan 50 gr krim keju, 50 ml susu kental manis kemudian aduk hingga seluruh bahan cair tercampur dengan rata.

2. Setelah saus rata, tambahkan perasan air lemon sebanyak 1 sdm ke dalam adonan saus, lalu aduk kembali. Cicipi rasanya dan sesuaikan dengan selera.

3. Masukan 100 gr apel, 100 gr anggur hijau, 80 gr anggur hitam, 80 gr jeruk manis, 80 gr strawberry, 1 buah pisang yang telah dipotong-potong dan tambahkan saus, aduk hingga rata.

Simpan salad di dalam lemari pendingin sebelum dihidangkan, tambahkan daun mint di atasnya sebagai garnish.

Perpaduan buah bisa Grameds sesuaikan dengan selera dan kemampuan.

2. Salad dengan Saus Yogurt

Selain dengan tambahan susu kental manis, salad dengan saus yogurt juga bisa menjadi perpaduan yang lezat. Selain itu, yogurt tanpa pemanis seperti greek yogurt atau plain yogurt lebih sehat dan dapat melancarkan pencernaan, apa lagi jika ditambah dengan beragam buah-buahan. 

Apabila ingin membuat salad buah dengan yogurt, berikut resep dan cara membuatnya.

Bahan-bahan:

2 buah apel hijau, potong dadu atau sesuai selera

Anggur hijau atau anggur hitam

¼ buah semangka merah

1 bungkus nata de coco, sisihkan sirup atau airnya

½ buah jeruk nipis, peras dan ambil airnya

125 ml yogurt plain

100 gr mayonnaise

50 ml susu kental atau madu sebagai pemanis

½ sdt garam

Keju

Sedikit air

Cara membuat:

1. Siapkan dressing atau saus salad buah lebih dulu dengan cara mencampurkan yogurt, susu kental manis, mayonnaise, garam ke dalam wadah besar, kemudian aduk hingga semua bahan saus tercampur dengan rata.

2. Setelah saus telah siap dan tercampur dengan rata, simpan saus ke dalam lemari es lebih dulu agar dingin, sebelum dicampurkan ke dalam buah.

3. Siapkan buah-buahan. Potong buah apel, lalu rendam sejenak di dalam air dengan campuran jeruk nipis atau garam agar apel tidak berubah warna menjadi cokelat.

4. Potong-potong pula semangka, cuci anggur dan buah-buahan lainnya.

5. Siapkan mangkuk saji, tata semua buah dan masukan pula nata de coco yang airnya telah disisihkan.

6. Tuang saus ke atas buah, kemudian campuran semua bahan hingga rata secara perlahan, agar buah tidak hancur.

7. Tambahkan parutan keju di atasnya sebagai topping salad buah.

8. Salad buah yogurt siap dinikmati menjadi dessert yang sehat.

3. Salad Buah dengan Madu

Madu merupakan salah satu super food yang memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Madu seringkali digunakan sebagai campuran dalam makanan maupun minuman untuk menambah cita rasa dari makanan.

Selain menambahkan cita rasa, madu juga memiliki gizi tinggi. Oleh sebab itu, madu sering kali ditambahkan pada salad buah sebagai pemanis alami. Berikut resep salad dengan madu.

Bahan-bahan:

80 ml mayonnaise

4 sdm madu

1 buah apel merah atau apel hijau

1 buah pir

Anggur secukupnya

50 gr strawberry

Semangka secukupnya

½ buah jeruk nipis

Cara membuat:

1. Pertama-tama raciklah dahulu saus untuk salad buah dengan cara mencampur seluruh bahan kecuali buah-buahan, seperti madu, mayonnaise ke dalam sebuah mangkuk besar. Lalu pastikan bahwa seluruh bahan dari saus telah tercampur dengan rata. Sisihkan saus salad lebih dulu dan simpan di dalam lemari pendingin.

2. Potong-potong dadu semua buah-buahan untuk salad buah, seperti apel, pir, anggur, strawberry dan semangka. Lalu rendam buah-buahan yang akan mengalami browning atau berubah warna menjadi kecoklatan seperti apel dan pir ke dalam air yang telah diberi perasan jeruk nipis, diamkan beberapa saat sebelum mencampurnya dengan buah yang lain.

3. Setelah pir dan apel direndam selama beberapa menit, campur semua buah-buahan yang telah dipotong dadu ke dalam mangkuk besar. Campurkan pula saus salad madu yang telah dingin.

4. Salad buah dengan madu siap untuk disantap, lebih nikmat apabila disajikan dalam keadaan dingin.

Sumber: