APBD RL Terkumpul Rp 1.046 Triliun

APBD RL Terkumpul Rp 1.046 Triliun

DOK/CE ILUSTRASI--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Setelah melakukan evaluasi terhadap Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 lebih lanjut dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Badan Anggaran (Banggar), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong memastikan, APBD Rejang Lebong di tahun 2023 sudah harus berjalan.

Mengingat ada beberapa OPD teknis sudah memang secepatnya membutuhkan anggaran.

Dimana dari penyusunan dan proses evaluasi yang sudah berjalan, dipastikan pada Senin 2 Januari besok APBD sudah mulai berjalan.

BACA JUGA:Jaksa Bongkar Kasus Korupsi DD/ADD Rp 576 Juta

BACA JUGA:Aduh.. Oknum PNS Tepergok Maling

"Dari hasil rapat yang sudah kami lakukan bersama TAPD, Banggar, dan DPRD kemarin. Nampaknya hasil evaluasi kita suda ditandatangani oleh pihak DPRD, sehingga di awal tahun 2023 nanti APBD kita sudah bisa berjalan," ujar Sekda.

Dikatakan Sekda, untuk total anggaran di tahun 2023 jumlahnya masih sama seperti di tahun sebelumnya, dimana APBD yang dimiliki Kabupaten Rejang Lebong sebesar Rp 1.046 triliun.

"Sama seperti tahun sebelumnya, kita tidak ada penurunan anggaran seperti kabar yang beredar beberapa waktu lalu. Dimana anggaran kita di tahun ini masih sama seperti tahun sebelumnya," ucap Sekda.

Mengenai APBD yang dipastikan sudah bisa dijalankan di awal tahun tambah sekda, pihaknya hari ini akan mengupayakan percepatan pengesahan SK pelaksanaan APBD sesuai dengan mekanisme yang sudah ditetapkan.

BACA JUGA:Monyet Bikin Geger! Ini Ceritanya...

BACA JUGA:BMKG: Waspada Cuaca Buruk Tahun Baru

Dengan memenuhi beberapa syarat seperti, evaluasi dari pihak provinsi, jawaban evaluasi dari bupati, dan berita acara rapat TAPD dan Banggar.

"Mengingat pada tanggal 31 Desember 2023 sudah tutup anggaran. Secepatnya kita harus melakukan pengesahan SK pelaksanaan APBD 2023. Untuk itu saat ini kita sedang mempersiapkan semuanya," terang Sekda.

Karena nya sekda juga mengingatkan, agar pihak tim yang terkait dalam pengesahan SK pelaksanaan APBD ini bisa sigap dalam menjalankan kinerjanya.

"Karena waktunya sudah mepet, sebisa mungkin saya meminta untuk tim melakukan pekerjaannya dengan sigap. Dimana di awal tahun 2023, diupayakan semaksimal mungkin APBD 2023 sudah harus berjalan," tutup Sekda.

Sumber: