Ada 2 Desa di Kepahiang Berstatus Desa Mandiri, Ini Keuntungannya ?

Ada 2 Desa di Kepahiang Berstatus Desa Mandiri, Ini Keuntungannya ?

Kabid Fasilitasi Perencanaan Pembanguan dan Pengelolaan Keuangan Desa Jonatan S--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Dua desa di Kabupaten Kabupaten Kepahiang saat ini disebut telah meningkat statusnya dari desa maju menjadi desa mandiri.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun Dinas Pemberdayaan Masyarakat  Desa (DPMD) Kepahiang, adapun 2 desa berstatus desa mandiri yakni Desa Babakan Bogor Kecamatan Kabawetan dan Desa Meranti Jaya Kecamatan Ujan Mas.

"Ini jelas menjadi kabar menggembirakan. Menunjukkan kinerja melaksanakan pembangunan desa berhasil," sebut Kepala DPMD Kepahiang, Iwan Zamzam Kurniawan Melalui Kabid Fasilitasi Perencanaan Pembanguan dan Pengelolaan Keuangan Desa Jonatan S.

BACA JUGA:Camat Diminta Segera Usulkan Nama Calon Pjs Kades

BACA JUGA:BMKG: Waspada Cuaca Buruk Tahun Baru

Menurutnya, indikator keberhasilan pelaksanaan pembangunan desa cukup sederhana, yakni semakin meningkatnya status desa setelah dilaksanakannya pembangunan desa.

Jika tadinya sangat tertinggal meningkat menjadi tertinggal, berkembang, maju, hingga menjadi desa mandiri.

"Kita juga memiliki beberapa desa yang sudah berstatus maju," ujarnya.

Karenanya ia berharap, hasil penilaian yang dilakukan dari bawah tersebut sejalan dengan hasil evaluasi permendes, sehingga saat penetapan benar-benar terdapat desa mandiri dan semakin banyak desa maju di Kepahiang.

BACA JUGA:Aduh.. Oknum PNS Tepergok Maling

BACA JUGA:Jaksa Bongkar Kasus Korupsi DD/ADD Rp 576 Juta

Namun demikian, disampaikan Jonatan, tidak dipungkiri ada juga desa yang masih berstatus tertinggal.

"Ada beberapa keuntungan dengan status desa mendiri itu, selain mendapatkan tambahan dana desa (DD) dari hasil penilaian kinerja, desa mandiri ini, bisa melakukan pencairan DD hanya 2 tahap 60:40, berbeda dengan desa maju yang 3 tahap 40:40:20 dari DD yang diterima," pungkas Jo.

Sumber: