Cadangan Emas Lebong Diklaim Masih Jutaan Ton

Cadangan Emas Lebong Diklaim Masih Jutaan Ton

Ist/CE Salah satu aktivitas penambang emas di kabupaten Lebong.--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Stok cadangan Emas di kabupaten Lebong, diklaim masih ada jutaan ton. Dimana emas tersebut masih tersimpan sejak jaman penjajahan hingga saat ini.

Seperti yang disampaikan Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara atau Aman Tenak Jang Lebong, Rafik Sanie.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pihaknya beberapa waktu lalu dengan sejumlah metode, menunjukan potensi emas saat ini dinilai mencapai jutaan ton yang berada di berbagai lokasi.

"Kurang lebih ada belasan titik yang dinilai masih mengandung emas bongkahan serta ampas," kata Rafik.

BACA JUGA:Tahun Baru Siagakan Jas Hujan

BACA JUGA:3 Reklame Masih Belum Lunasi Tunggakan Pajak

Belasan titik yang dinilai masih tersisa emas tersebut diantaranya Bukit Belimeu, Tebo Sulit, Lobang Kacamata, Lebong Simpang, Air Piaten, Hulu Air Ketenong, Tik Aseak, Tambang Saweak, Lobang Empat dan Lobang 11.

Bahkan dari sejumlah titik emas yang tersebar itu terdapat 2 perusahaan yang hingga saat ini beroperasi dalam mengeksploitasi emas yakni Tansi Masjid Energi dan Indotan.

"Ini menunjukkan keberadaan emas dan kualitas singkatnya mas yang dihasilkan dari kabupaten Lebong memang menjanjikan," ungkapnya.  

Sementara itu, lanjut Rafik dari data perusahaan juga menunjukkan hasil serupa, terbukti dengan luasan hak kelola PT TME saja yang nyaris mencapai 8000 hektar, ini artinya sebaran emas yang ada di wilayah tersebut diklaim masih merata dan banyak.

BACA JUGA:Ini 6 Rekomendasi Objek Wisata Libur Tahun Baru di Lebong

BACA JUGA:Monyet dan Beruang Serang Warga di Daerah Ini

"Maka hal ini tentunya harus mesti dijaga terutama dengan langkah dan strategi yang tepat, sehingga kabupaten Lebong ke depan dapat menjadi salah satu daerah yang memiliki pengaruh besar di masa mendatang," singkatnya.

Sumber: