Gempa Berkekuatan M 7,8 Guncang Turki, Tewaskan 245 Orang di Suriah

Gempa Berkekuatan M 7,8 Guncang Turki, Tewaskan 245 Orang di Suriah

IST/CE Gempa Turki M 7,8 mengakibatkan banyak warga dilaporkan tertimbun reruntuhan gedung, (sumber foto by CNN Indonesia, 06/02/23)--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Gempa yang berkekuatan M 7,8 mengguncang Turki pada Senin, 6 Februari 2023 sebelum fajar di dekat Kota Gaziantep, Turki.

Jika jarak dari perbatasan Suriah kurang lebih 40 KM atau 25 mil.

Selama gempa terjadi, warga yang ketakutan berlarian keluar dari rumah.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari kantor berita AFP, Kementerian Kesehatan Suriah mengungkapkan bahwa saat ini sudah lebih dari 230 orang yang tewas dan lebih dari 600 penduduk yang luka-luka di wilayah yang dikuasai pemerintah Suriah.

Sementara itu, salah satu rumah sakit mengatakan kepada tim AFP ada 8 orang lainnya tewas di wilayah utara yang dikendalikan oleh fraksi-fraksi pro-Turki, 639 warga terluka dan 237 orang yang tewas di Provinsi Latakia, Aleppo, Hama dan Tartus. 

Jumlah korban yang tewas terus bertambah, sehingga kemungkinan saat ini sudah mencapai setidaknya 245 orang.

Meskipun dalam kondisi cuaca hujan musim dingin yang deras, tim penyelamat langsung bergegas untuk mencari korban yang terjebak dalam reruntuhan.

Kantor berita resmi Suriah SANA mengungkapkan bahwa gempa terjadi mulai dari Pantai Barat Latakia hingga Damaskus.

"Guncangan ini mulai terasa dari Pantai Barat Latakia hingga Damaskus Ibu Kota Suriah, ini merupakan gempa yang terkuat sejak Pusat Gempa Nasional di dirikan pada tahun 1995," Ungkap Raed Ahmed tim dari SANA, yang dikutip dari news.detik.com.

Di Allepo saja, sebanyak 20 bangunan menyebabkan 24 warga tewas dan ditemukan 100 warga luka-luka.

Penambahan jumlah ini akan terus meningkat seiring dengan proses pencarian dan penyelamatan yang masih dilakukan. 

Sumber: