BPN Lebong Targetkan 1000 Bidang Lahan Bersertifikat Tahun Ini

BPN Lebong Targetkan 1000 Bidang Lahan Bersertifikat Tahun Ini

DOK/CE Edi Waluyo--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lebong menargetkan 1000 bidang lahan yang tersebar di 6 desa Kecamatan Uram Jaya miliki sertifikat tahun ini.

Karena 1000 bidang lahan tersebut masuk dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Hal ini disampaikan Kepala BPN Lebong Kristyan Edi Walujo.

"Insyaallah 1000 lahan yang belum sertifikat di Kecamatan Uram Jaya bisa tercapai dan bersertifikat tahun ini," kata Edi.

Menurut Edi, di Kabupaten Lebong program PTSL hanya difokuskan pada Kecamatan Uram Jaya saja.

BACA JUGA:Canangkan Gemapatas, BPN Lebong Pasang 300 Patok Tanah

BACA JUGA:BPN Ajak Masyarakat Lakukan Gemapatas, Ini Manfaatnya...

Sedangkan untuk kecamatan lain belum, hal ini anggaran yang tersedia di APBN tidak mencukupi.

"Jadi kita (BPN, red) ini hanya mendapatkan jatah dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional itu hanya 1000, dan itu cukup untuk 6 desa yang berada di Kecamatan Uram jaya, namun jika Pemkab Lebong menganggarkan lewat APBD kemungkinan jumlahnya bisa bertambah," ungkapnya.

Ia menambahkan jika sertifikasi tanah melalui program PTSL ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.

Selain itu lanjutnya masyarakat yang telah mendapatkan sertifikat dapat menjadikan sertifikat tesebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan perekonomian dan kesejahteraan hidupnya.

BACA JUGA:Dewan Apresiasi BPN

BACA JUGA:ATR/BPN Pasang 400 Patok Bidang, Wujud Percepatan PTSL 2023

"PTSL dikerjakan per Desa secara menyeluruh, targetnya bisa masyarakat, bisa tanah instansi, tanah wakaf, tanah desa dan berbagai jenis tanah lainnya kecuali perusahaan," singkatnya.

Sumber: