Disnakertrans Optimis UPTD BLK Terbentuk Tahun Ini

Disnakertrans Optimis UPTD BLK Terbentuk Tahun Ini

Dok/CE Disnakertrans Lebong.--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lebong optimis tahun 2023 ini Kabupaten Lebong bisa memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) sendiri.

Kepastian ini berdasarkan hasil rapat pembahasan pembentukan UPTD BLK yang dilaksanakan di Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnakertrans) Lebong, Epan Gustianto SP.

"Insyallah tahun ini kita (Lebong, red) bakal miliki BLK sendiri, namun sebelum pembentukan itu harus ada beberapa syarat klasifikasi yang harus di ikuti," kata Epan.

BACA JUGA:Bapak Cabuli Anak Tiri di Lebong Terancam Dikebiri, Pantaskah?

BACA JUGA:Tak Jera, Residivis Narkoba Ini Kembali Masuk Bui

Lebih lanjut, adapun syarat pembentukan dan klasifikasi terkati pembentukan UPTD BLK sendiri sudah diatur dalam Pasal 20 ayat 2 Permendagri Nomor 12 Tahun 2017 diantaranya daerah harus melaksanakan kegiatan operasional atau kegiatan teknis penunjang tertentu dari urusan pemerintahan yang bersifat pelaksanaan dan menjadi tanggung jawab dinas.

Kemudian, penyediaan barang dan jasa yang diperlukan oleh masyarakat atau perangkat daerah lain yang berlangsung secara terus menerus.

"Setelah UPTD itu terbentuk selanjutnya harus memberikan kontribusi dan manfaat langsung kepada masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan, terlebih harus memiliki sumber daya yang meliputi pegawai, pembiayaan, sarana dan sarana prasarana. Tersedianya jabatan fungsional teknis sesuai dengan tugas dan fungsi UPTD yang bersangkutan, serta memiliki SOP dalam melaksanakan tugas teknis operasional tertentu dan teknis penunjang," ucapnya.

BACA JUGA:Ini 6 Tsk yang Diamankan dalam Ops Musang Nala

BACA JUGA:3 Desa Ini Bakal Terima Bantuan Perpusnas RI

Lanjut Epan, dengan nanti dibentuknya pembangunan BLK tersebut diharapkan kabupaten Lebong memiliki tenaga kerja terampil yang berkualitas dan berdaya saing pada dunia ketenagakerjaan nasional hingga internasional.

"Agar dapat terpenuhi saat ini kita masih mempelajari dan mentelaah pedoman terkait pembentukan BLK tersebut, Semoga hal ini bisa tercapai, dan indeks tenaga kerja di Lebong terus berkembang," singkatnya.

Sumber: