Pekan Depan, Pemberkasan DD/ADD Dimulai

Pekan Depan, Pemberkasan DD/ADD Dimulai

DOK/CE Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kepahiang Iwan Zamzam Kurniawan SH--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Pemberkasan anggaran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (DD/ADD) tahap I tahun 2023 pekan depan ini akan segera dimulai.

Ini lantaran tahap evaluasi lanjutan terhadap Perbup DD tahun 2023 soal pemberkasan DD/ADD oleh pihak Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu sudah final, dan sudah disetujui oleh pihak-pihak yang bersangkutan.

Dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kepahiang Iwan Zamzam Kurniawan SH, pihak desa diminta untuk segera mempersiapkan semua pemberkasan yang dibutuhkan untuk pengajuan pencairan DD/ADD tersebut.

"Perlu diketahui bersama, jika saat ini tahap evaluasi sudah final. Sehingga pekan depan ini semua pihak desa di Kabupaten Kepahiang sudah harus mempersiapkan pemberkasan yang harus dilengkapi," ujar Iwan.

BACA JUGA:Pemkab dan Dewan Sepakat Usulkan 3 Raperda

BACA JUGA:Penanganan Stunting jadi Prioritas Melalui Anggaran DD/ADD

Dikatakan Iwan, berdasarkan waktu yang sudah ditetapkan, pihak desa juga dihimbau agar tidak terlambat dalam penyerahan berkasnya.

Sehingga nantinya tidak ada desa yang mendapat sanksi lantaran keterlambatan pemberkasan dan pencairan DD/ADD nanti.

"Pada pemberkasan dan pencairan DD/ADD tahap I tahun 2023 ini kita tekankan agar pihak desa menyerahkan berkas pencairan sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan," ucap Iwan.

Selain itu Iwan juga menyampaikan, dengan jumlah pagu anggaran yang berbeda-beda, setiap desa juga diminta untuk menyusun kebutuhan anggaran yang ada tersebut sedemikian rupa.

BACA JUGA: Baru 2 OPD Usulkan Penayangan RUP, 5 Paket Perencanaan Pengawasan dan 3 Fisik

BACA JUGA:30 Persen SD Kekurangan Siswa

Baik itu untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan, pemberian BLT DD melalui DD maupun pemberian gaji karyawan melalui ADD.

"Yang jelas dengan anggaran yang berbeda-beda, kami harapkan dapat disusun dan direncanakan sebaik mungkin," tutupnya.

Sumber: