Disperkan Uji Coba Bibit Genjah

Disperkan Uji Coba Bibit Genjah

DOK/CE Kepala Disperkan Lebong, Hedi Parindo SE.--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Jika tidak ada kendala, tahun ini Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Kabupaten Lebong akan mulai mengembangkan bibit bersertifikat padi Genjah Cakrabuana di BBI Suka Bumi.

Varietas padi jenis ini, dipilih karena dinilai banyak memiliki kelebihan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Disperkan Lebong, Hedi Parindo SE.

"Benar, insyallah tahun ini kita akan mengembangkan bibit padi unggul, yang memiliki keunggulan tahan hama dan penyakit, bermalay panjang, bulir lonjong besar, pengisian bulir mudah, anakan banyak hingga 65 anakan perumpun serta cepat panen," katanya

Dijelaskannya, keunggulan dari pengembangan bibit padi unggul ini dapat melakukan panen dari varietas pada umur 104 hari setelah semai (hss) atau setara dengan 75-80 hari setelah tanam.

BACA JUGA:Ssst!! 93 BUMDes di Lebong Belum Legal

BACA JUGA:Peserta Aktif BPJS Ketenagakerjaan Capai 3.866 Orang

Pada tahun ini pengembangan bibit padi tersebut, sudah mulai dicoba dengan luasan 2 hektare. Bahkan, pihaknya juga sudah mendaftarkan pengembangan bibit ini ke Balai Sertifikasi Benih.

"Tinggal lagi kedepannya kami akan fokus dan memaksimalkan pengembangan bibitnya," ungkapnya.

Ditambahkannya, apabila bibit padi genjah cocok kembangkan diwilayah Kabupaten Lebong, pihaknya memastikan siap untuk mendistribusikan bibit terdebut kepada para petani.

BACA JUGA:3 Pelajar Ini Terjaring Satpol-PP Saat Bolos Sekolah

BACA JUGA:SK THLT Lebong Tak Kunjung Diterbitkan, Ini Penyebabnya!!

Apalagi mengingat dengan masa panennya yang lebih cepat otomatis sangat bisa untuk petani ikut melaksanakan MT2 secara serentak kedepannya.

"Kita berharap uji coba pengembangan bibit ini nantinya bisa sukses dan berhasil,  agar selanjutnya bisa ikut di kembangkan oleh para petani khusunya petani di Kabupaten Lebong dalam rangka mendukung pelaksanaan MT2," pungkasnya.

Sumber:

Berita Terkait