Kayu Manis: Khasiat dan Fakta untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Kayu Manis: Khasiat dan Fakta untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

ILUSTRASI/NET Khasiat dan Fakta untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui (sumber foto by google, 06/03/23)--

Kayu manis juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa-senyawa aktif dalam kayu manis telah terbukti dapat memperkuat sel-sel kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

Kayu manis dapat dikonsumsi dalam bentuk rempah-rempah atau sebagai suplemen kesehatan.

Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya terutama jika Anda mengalami kondisi medis tertentu atau sedang dalam pengobatan tertentu.

Manfaat kayu manis untuk kesehatan cukup beragam. Berikut adalah beberapa fakta tentang kayu manis yang perlu diketahui:

  • Mengurangi peradangan: Kayu manis mengandung senyawa anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Senyawa tersebut disebut dengan kumarin dan cinnamaldehyde.
  • Menurunkan kadar gula darah: Kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Senyawa aktif dalam kayu manis dapat membantu mengoptimalkan kerja insulin dalam tubuh sehingga gula darah menjadi lebih terkontrol.
  • Melawan bakteri dan jamur: Senyawa antibakteri dan antijamur dalam kayu manis dapat membantu melawan infeksi bakteri dan jamur pada tubuh.
  • Meningkatkan fungsi otak: Kayu manis mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan mengurangi risiko terkena penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.
  • Menurunkan risiko kanker: Beberapa studi menunjukkan bahwa senyawa dalam kayu manis dapat membantu mengurangi risiko terkena beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kolon, dan prostat.
  • Menjaga kesehatan jantung: Senyawa aktif dalam kayu manis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, sehingga dapat menjaga kesehatan jantung.
  •  

Meskipun kayu manis memiliki manfaat kesehatan yang banyak, namun perlu diingat bahwa penggunaannya harus tetap di bawah pengawasan dokter.

Terlebih jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, kayu manis dapat menimbulkan efek samping seperti gangguan pernapasan dan iritasi pada kulit.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengonsumsi kayu manis dalam takaran yang aman dan konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya sebagai pengobatan alternatif.

Sumber: