Faktor Penyebab Mimisan atau Pendarahan Pada Hidung, Cek Disini..

Faktor Penyebab Mimisan atau Pendarahan Pada Hidung, Cek Disini..

ILUSTRASI/NET Faktor Penyebab Mimisan (sumber foto by google, 15/04/23)--

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COM - Mimisan, atau perdarahan hidung, adalah kondisi yang umum terjadi pada banyak orang.

Perdarahan hidung dapat terjadi secara tiba-tiba atau berulang-ulang, dan biasanya tidak berbahaya kecuali jika terjadi dalam jumlah besar atau sulit untuk dihentikan.

Berikut adalah beberapa penyebab umum mimisan:

Lingkungan yang kering

Salah satu penyebab utama mimisan adalah udara yang kering. Udara kering dapat menyebabkan pengeringan dan pecahnya pembuluh darah di hidung, yang dapat menyebabkan perdarahan.

Cedera atau trauma

Cedera atau trauma pada hidung juga dapat menyebabkan mimisan. Misalnya, ketika terkena pukulan pada hidung, pembuluh darah dapat pecah dan menyebabkan perdarahan.

Infeksi

Infeksi pada hidung atau sinus dapat menjadi penyebab mimisan. Infeksi dapat menyebabkan inflamasi dan iritasi pada selaput lendir hidung, sehingga memperburuk kondisi yang sudah sensitif.

Obat-obatan

Beberapa obat-obatan, seperti antikoagulan (obat pencegah pembekuan darah) dan dekongestan nasal, dapat menyebabkan perdarahan hidung.

Penggunaan yang berlebihan dari dekongestan nasal dapat menyebabkan iritasi pada selaput lendir hidung, yang juga dapat menyebabkan mimisan.

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan perdarahan hidung. Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah di hidung pecah dan menyebabkan perdarahan.

Sumber: