Volume Sampah di Kepahiang Membludak 3 Kali Lipat

Volume Sampah di Kepahiang Membludak 3 Kali Lipat

IST/CE Kepala DLH saat melakukan pengawasan.--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Berbeda dengan hari biasa pada umumnya, selama pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1444 ini.

Volume sampah di wilayah Kabupaten Kepahiang mengalami pembludakan dan peningkatan hingga 3 kali lipat dari biasanya.

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepahiang Swifanedi Yusda SHut, sangat wajar jika di hari lebaran jumlah volume sampah jauh membludak dibanding hari biasanya.

Hal itu dikarenakan, banyaknya jumlah wisatawan yang berkunjung maupun melintas di wilayah Kabupaten Kepahiang selama libur lebaran kemarin.

“Wajar saja jika volume sampah di Kepahiang ini meningkat drastis dari biasanya. Karena selain banyaknya kebutuhan masyarakat yang menyebabkan banyak sampah. Banyaknya pengunjung yang berdatangan dan yang melintas juga yang membuat sampah di Kepahiang ini meningkat drastis,” ujarnya.

Meski demikian dikatakan Swifanedi, sampai saat ini pengelolaan sampah yang dilakukan pihaknya masih terkendali dan diatasi.

Dimana pihaknya juga sudah menugaskan para petugas kebersihan pada masing-masing titik yang menjadi tanggung jawabnya.

Serta melakukan pengangkutan jauh lebih banyak dibanding hari biasanya.

“Biasanya kita hanya melakukan pengangkutan paling banyak 2 kali dalam sehari. Namun berbeda dengan hari lebaran ini, kita melakukan pengangkutan sampah hingga 3 kali perharinya. Sehingga kami bisa pastikan, tidak terjadi penumpukan sampah dimana-mana,” terangnya.

Swifanedi juga mengatakan, peningkatan volume sampah ini juga kemungkinan akan terjadi sampai H+7 lebaran nanti.

Sehingga pihaknya juga ajan tetap menugaskan para petugas kebersihan yang ada.

Serta melakukan pola pengangkutan lebih banyak dibanding hari biasanya sampai keadaan benar-benar kembali normal.

“Sampai keadaan normal lagi, kita akan terus memaksimalkan pengelolaan dan pengangkutan sampah di Kepahiang ini. Yang jelas sebagai petugas yang menjamin kebersihan di Kepahiang, kami akan pastikan tidak ada penumpukan sampah dimana-mana. Satu lagi perlu saya ingatkan, agar masyarakat tidak membuang sampah disembarang tempat,” tutupnya. 

Sumber: