Waspada! 3.656 Warga RL Terjangkit ISPA

Waspada! 3.656 Warga RL Terjangkit ISPA

ILUSTRASI/NET ISPA--

CURUP, CURUPEKSPRESS.COM – Mengingat cuaca belakangan ini tidak menentu, banyak penyakit yang mengincar kesehatan masyarakat, salah satunya Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, mencatat ada sebanyak 3.656 warga di wilayahnya yang terjangkit ISPA.

Plt Kadinkes Kabupaten Rejang Lebong, Rephi Meido Satria SKM melalui Kasi P2PM, Titin Julita SKM mengatakan, angka tersebut merupakan data yang berhasil pihaknya rangkum sejak bulan Januari hingga April lalu.

“Dalam kurun waktu 4 bulan terakhir, kasus ISPA di Rejang Lebong nyaris 4 ribu kasus,” ungkapnya, Jumat (12/5) kemarin.

BACA JUGA:

Dirinya menuturkan, bahwa jumlah warga yang terjangkit ISPA ini diperoleh dari 21 Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Rejang Lebong. Sambungnya, ISPA di wilayahnya banyak menyerang seluruh lapisan masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

“Mereka yang terkena ISPA ini di usia 5 tahun ke atas. Dimana batuk pilek yang diderita korban pun sudah termasuk terkena ISPA,” ujarnya.

Ia menjelaskan, selain faktor cuaca penyebab lain para korban bisa terjangkit ISPA yakni asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi, kemudian bisa juga tertular dari orang lain yang lebih dulu terjangkit ISPA.

“Ada banyak faktor yang menyebabkan orang itu terkena ISPA,” katanya.

BACA JUGA:

Adapun wilayah yang warganya paling banyak terjangkit ISPA, sebut Titin, yakni masyarakat di wilayah Kecamatan Curup dan Curup Tengah.

“Kecamatan dengan jumlah kepadatan penduduk paling banyak yang juga banyak korban terkena ISPA,” sampainya.

Dirinya juga menerangkan, ISPA adalah penyakit infeksi yang menyerang saluran pernapasan. Contoh infeksi saluran pernapasan atas, seperti flu biasa, epiglottitis, radang tenggorokan, faringitis, dan sinusitis (infeksi sinus).

“ISPA ini bisa menjangkit siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, terutama mereka dengan kondisi tubuh yang kurang fit,” tukasnya.

Sumber: