Ternyata Ini Mitos dan Fakta Bunga Kartarak

Ternyata Ini Mitos dan Fakta Bunga Kartarak

bunga katarak-ist-

Salah satu isu yang berkembang di masyarakat, daun kitolod alias bunga katarak bisa menyembuhkan katarak. Benarkah demikian?

Ternyata keyakinan tersebut hanya mitos.

Bedasarkan sejumlah penelitian termasuk penelitian Siregar di atas, kandungan ekstrak daun kitolod memang bisa berfungsi sebagai antibakteri sehingga dijadikan bahan obat tetes mata.

Namun, katarak bukanlah penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Katarak adalah gangguan penglihatan akibat kekeruhan pada lensa mata.

Lensa mata yang keruh dan seperti berawan menyebabkan penurunan tajam penglihatan dan sensitivifas kontras. Penglihatan pun menjadi buram bahkan bisa menimbulkan kebutaan.

Berbeda dengan gangguan penglihatan yang lain, penderita katarak akan merasa seperti selalu melihat kabut. Awalnya –ketika yang berkabut hanya sebagian pandangan- mungkin tidak begitu menganggu.

Namun, semakin lama semakin luas dan memburuk hingga seluruh pandangan berkabut. Akibatnya, ia akan menjadi sulit beraktivitas normal bahkan terancam kebutaan.

 

Manfaat Bunga Katarak

Flavonoid adalah salah satu jenis antioksidan dan antibakteri. Sedangkan saponin adalah zat yang bisa meningkatkan permeabilitas membran sehingga terjadi pecah sel (hemolisis). Kandungan tersebut membuat daun kitolod dijadikan bahan obat tetes mata untuk membersihkan mata dari bakteri.

 

Katarak adalah Buramnya lensa mata yang biasanya bening.

Kebanyakan katarak berkembang secara perlahan selama bertahun-tahun.

Sumber: