Hmm.. Kades Bacaleg Dipastikan Belum Serahkan Surat Pengunduran Diri

Hmm.. Kades Bacaleg Dipastikan Belum Serahkan Surat Pengunduran Diri

Iwan Zamzam Kurniawan SH--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRES.COM - Sehubungan dengan adanya beberapa kades yang mendaftar sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kepahiang Iwan Zamzam Kurniawan SH menegaskan, pihaknya belum ada menerima satu pun surat pengunduran diri dari kades aktif yang ikut mencalonkan diri sebagai Bacaleg.

Sehingga jika ada pihak partai yang mengatakan Bacaleg nya yang berstatus sebagai kades sudah buat surat pengunduran diri dan tinggal menunggu tanda tangan bupati, itu tidak benar.

Karena menurut Iwan, proses pengunduran diri harus melewati beberapa tahapan.

BACA JUGA:

"Sampai saat ini kita belum ada menerima satu surat pengunduran diri dari kades yang maju sebagai Bacaleg. Jadi jangan sampai ada yang sala mengartikannya," ucap Iwan.

Berkenaan dengan kades aktif yang daftar Bacaleg tambah Iwan. Pihaknya sudah melakukan koordinasi dan meminta petunjuk secara langsung oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepahiang.

Dimana dikatakannya, menurut PKPU yang mengatur.

Memang sesuai aturan dan jadwal yang sudah ditetapkan, kades aktif wajib mengundurkan diri jika ingin tetap maju menjadi Bacaleg.

Hanya saja untuk itu, kades yang bersangkutan masih memiliki waktu sampai bulan Agustus mendatang untuk mengurus surat pengunduran dirinya.

BACA JUGA:

"Untuk pengunduran diri kades masih diberikan waktu sampai bulan Agustus mendatang sesuai dengan tahapan yang sudah ditetapkan. Hanya saja kami tak mau, ada yang mengatakan jika kades yang bersangkutan sudah menyerahkan surat pengunduran diri, apalagi tinggal menunggu tanda tangan bupati," terang Iwan.

Iwan juga menegaskan, pihaknya tidak akan khawatir jika kades yang bersangkutan bisa menggunakan DD/ADD untuk kepentingan pencalonannya.

Karena menurutnya, setiap penggunaan DD/ADD itu sudah diatur sesuai dengan penempatannya.

Sumber: